Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali bersama unsur Forkopimda dan Ketua KIP Aceh Besar Cut Agus Fathillah SH MH melakukan pengecekan logistik Pemilu 2019, di Kota Jantho, Selasa (9/4/2019). Dok. Humas Pemkab Aceh Besar
LAMURIONLINE.COM | KOTA JANTHO - Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 kurang delapan hari lagi, untuk memastikan pesta demokrasi di Kabupaten Aceh Besar berjalan lancar, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali bersama unsur Forkopimda melakukan pengecekan logistik di Gudang Komisi Independen Pemilu (KIP) di Gedung Jantho Sport City (JSC), Kota Jantho, Selasa (9/4).

Bupati Aceh Besar yang juga Tim Pemantau Pemilu Aceh Mawardi Ali kepada wartwan  mengatakan, hasil dari pemantauannya terhadap kesiapan pemilu Aceh Besar semua berjalan lancar, dari segi logistik KIP Aceh Besar semua sudah siap, tinggal logistiknya di distribusikan ke kecamatan-kecamatan.


"Saat dilakukan distribusi logistiknya, tim pemantau pemilu dan juga Forkompinda akan mendampingi hingga sampai ketempat tujuan supaya berjalan lancar, sehinga tidak ada terkendala apa-apa, tidak kecurigaan dan betul-betul pelaksanaan pemilu 2019 secara terbuka, jujur, adil dan bersih sesuai dengan makna demokrasi itu sendiri," ujar Mawardi Ali.

Kepada pemilih di kabupaten Aceh Besar, yang memiliki hak suara, Mawardi Ali berharap agar  datang ke TPS jangan golput, karena memilih ini adalah hak masyarakat sebagai bentuk wujud dari demokrasi dan sebuah kedaulatan rakyat.

"Mari sama-sama merayakan pesta demokrasi ini sesuai dengan aturan dan senang hati memilih pemimpin yang sesuai dengan hati nurani masing-masing," ajak Bupati Aceh Besar.

Ia menyatakan optimis bahwa pemilu di Kabupaten Aceh Besar akan terlaksana dengan sukses, dari kepolisian sudah siap semua, dibackup lagi oleh TNI, Forkompinda dan semua unsur Pemerintah Aceh Besar dan penyelenggara KIP.  

"Semua sudah siap, semoga tidak ada indikasi yang akan menyebabkan nanti terjadi terkendala atau yang mengarah pada hambatan untuk sukseskannya pemilu 17 April 2019 mendatang," pungkas Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali

Sementara itu, Ketua KIP Aceh Besar, Cut Agus Fathillah SH MH menyebutkan jumlah TPS di kabupaten Aceh Besar sebanyak 1192 yang tersebar di 604 gampong (desa-red). Sementara untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Aceh Besar sebanyak 266.700 orang. Khusus Aceh Besar memperebutkan 35 kursi DPRK dengan lima Daerah Pemilihan (Dapil).

"Jumlah itu sudah di pleno dan beberapa kali perubahan, yang terakhir diplenokan dan disetujui oleh Panitia Pengawas (Panwas) beserta partai politik dan juga umumnya TPS tidak mengalami kendala," katanya.

Untuk distribusi logistik pemilu, KIP Aceh Besar, kata Cut Agus akan melakukan distribusi logistik pemilu dalam waktu dua hari ini, hal ini dikarenakan ada sedikit keterlambatan datang formulir. Saat ini KIP Aceh Besar tinggal sortir formulir dan mengarahkan kepada sekretariat untuk selalu bekerja all out.

"Artinya tidak ada jeda berhubung kita banyak formulir dan TPS jangan sampai salah atau keliru dan pastinya dua hari ini akan distribusikan, mudah mudahan sudah rampung semua, nanti akan kami sampaikan kepada pemerintahdaerah dan juga pihak TNI/ Polri untuk bisa di distribusikan atau perpindahan kotak beserta surat suara dan logistik lainnya ke kecamatan-kecamatan," kata Cut Agus.

Sementara itu terkait kotak suara yang rusak ada beberapa kotak dan hal ini sudah kita laporkan kepada KPU, dan sudah dilakukan antisipasi kekurangan atau kerusakan kota suara,  Alhamdulillah hingga saat ini sudah lengkap semuanya dan sudah siap untuk di distribusikan.

"Jumlah surat suara yang rusak di Kabupaten Aceh Besar itu sebanyak 294 lembar, dengan rincian surat suara calon Presiden/Wakil Presiden 123 lembar, DPDRI 50, DPR-RI 53, DPRA 22 dan DPRK 46 lembar," sebutnya.


Pada kesempatan itu, Ketua KIP Aceh Besar juga mengungkapkan untuk distribusi logistik ke Pulo Aceh akan dilakukan satu hari sebelum pelaksanaan pemilu, atau pada tanggal 16 April mendatang. Dikarenakan Aceh Besar memiliki dua pulau yakni pulau nasi dan pulau Breuh dan disana tidak memiliki aula UDKP, maka KIP berinisiatif untuk distribusinya satu hari menjelang hari H. 

"Artinya kotak suara, surat suara dan logistik lainnya, bisa langsung ke Gampong-gampong di pulau Breuh dan pulau nasi," demikian Ketua KIP Aceh Besar, Cut Agus Fathillah SH MH.

Sebelumnya, Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali saat meninjau kesiapan logistik Pemilu 2018, selain di Gudang JSC Kota Jantho, juga melakukan kunjungan ke Kantor KIP Aceh Besar juga di Kota Jantho. 

Bupati Mawardi Ali selain didampingi Ketua KIP Aceh Besar Cut Agus Fathillah, ikut juga bersama rombongan Kajari Aceh Besar Mardani SH, Sekdakab Drs Iskandar MSi, Wakapolres Kompol Pradana Aditya N SH SIK, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unsur pemantau pemilu serta TNI/ Polri. (mariadi humas)
SHARE :
 
Top