Adv

Adv

Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali bersama Wakil Rektor UIN Ar-Raniry, Drs H Gunawan MA PhD menyapa mahasiswa KPM di halaman Gedung Dekranasda Aceh Besar, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Senin (15/4/2019). Dok. Humas Pemkab Aceh Besar
LAMURIONLINE.COM I INGIN JAYA - Sebanyak 1.766 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh melakukan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di 140 gampong (desa-red) pada lima kecamatan di Kabupaten Aceh Besar. Peserta KPM diantar oleh Wakil Rektor UIN Ar-Raniry, Drs H Gunawan MA PhD dan diterima langsung Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali dan kemudian diserahkan kepada lima camat, di halaman Gedung Dekranasda Aceh Besar, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Senin (15/4).

Dihadapan para mahasiswa, Mawardi Ali menyampaikan, pemerintah menyambut baik kehadiran mahasiswa KPM di Kabupaten Aceh Besar, selain dapat membantu masyarakat juga dapat memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa yaitu mengabdi kepada masyarakat langsung untuk melihat berbagai persoalan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat.

“Kehadiran mahasiswa ini banyak sekali manfaat, bagi mahasiswa sendiri, ini adalah kesempatan bagi meraka untuk mengabdi kepada masyarakat dan melihat langsung berbagai persoalan di masyarakat, selain juga memenuhi kredit kuliah untuk kelulusan,” kata Mawardi.

Menurutnya, mahasiswa adalah insan yang kritis dan umurnya yang masih sangat segar ilmunya, selain juga untuk pembentukan karakter mereka dalam masyarakat, mereka juga merupakan penyambung tongkat estafet kepemimpinan bangsa kedepan

Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali menerima daftar peserta mahasiswa KPM dari Wakil Rektor UIN Ar-Raniry, Drs H Gunawan MA PhD, di halaman Gedung Dekranasda Aceh Besar, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Senin (15/4/2019)
Kehadiran para mahasiswa KPM nantinya bisa dirasakan manfaat oleh masyarakat Aceh Besar. Apalagi, masyarakat yang masih banyak tingkat pendidikan rendah. Untuk itu, dengan kehadiran mahasiswa bisa membantu dalam banyak hal dibidang pemerintahan gampong, seperti administrasi, keuangan dan sebagainya. 

“Yang paling penting dapat memberikan value atau nilai tambah kepada masyarakat bahwa nilai-nilai membangun sebuah peradaban baru, kita ingin bangun peradaban Aceh yang sangat baik dan islami,” pungkas Mawardi Ali.

Sementara itu Wakil Rektor UIN Ar-Raniry Drs H Gunawan MA PhD mengatakan, sebelum para mahasiswa ini diturunkan ke masyarakat, pihak kampus telah membekali mereka dengan ilmu kemasyarakatan, diantaranya adanya keinginan untuk membantu, dan memberikan nilai lebih kepada masyarakat.  Masyarakat merupakan laboratorium hidup, dan yang paling nyata the real laboratory. Oleh karena itu keberadaan mahasiswa bersama masyarakat dapat saling membantu dan mendukung sehingga mendapat manfaatnya.

Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali didampingi Wakil Rektor UIN Ar-Raniry, Drs H Gunawan MA PhD menyerahkan daftar peserta mahasiswa KPM kepada Camat Kuta Baro Bustamam SH di halaman Gedung Dekranasda Aceh Besar, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Senin (15/4/2019)
"Kehadiran peserta KPM ke gampong-gampong itu dapat memberikan perubahan-perubahan kearah kebaikan, diantara kita kuatkan mereka itu dengan kearifan lokal, dimana bumi dipijak, disitu langit di junjung, serta mengetahui bagaimana budaya dimasyarakat," tegas Gunawan mengingatkan.

Warek UIN Ar-Raniry merincikan 1.766 mahasiswa KPM reguler gelombang I semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 1.172 wanita dan 592 pria didistribusikan untuk lima kecamatan, masing-masing Kecamatan Kuta Baro 569 orang untuk 47 gampong, Ingin Jaya 351 orang (27 gampong), Seulimuem 510 orang (40 gampong), Mesjid Raya 169 (13 gampong) dan Kecamatan Kota Jantho 159 untuk 13 gampong. (mariadi humas)
SHARE :
 
Top