Loading...

lamurionline.com-- Aceh Besar : Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Besar H. Abrar Zym S, Ag berdialog terkait Kerukunan Umat Beragama bersama FKUB Aceh Besar, Forum Muspika dan Para Keuchik Ingin Jaya di Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh, 29 Agustus 2019.


Abrar Zym mengajak para peserta untuk membina dan mengayomi masyarakat dimasing-masing daerah untuk menjaga 3 (tiga) pilar kerukunan beragama.




Tiga pilar tersebut antara lain pertama adalah Patuh dan taat pada Undang Undang dan peraturan pemerintah dan tidak memaki, mancaci pemerintah. Kedua, menjaga kerukunan serta tidak saling menghina antar umat beragama. Dan yang ketiga, menjaga kerukunan intern umat beragama.



"Moderasi beragama adalah berdialog untuk menyelesaikan persoalan yang muncul dengan saling menghormati sesama," Ungkap Abrar.



Ia juga berbagi cerita terkait banyak persoalan yang telah diselesaikan dengan dialog, baik persoalan antar ummat beragama maupun persoalan ditengah umat dalam satu agama.



Dalam kesempatan yang sama Pengurus FKUB Aceh Besar sekaligus Wakil Ketua Majelis Adat Aceh Besar, Zulkifli Zakaria dalam forum tersebut menyampaikan bingkai-bingkai aturan yang berlaku terkait kerukunan umat beragama.





”Persoalan yang muncul ditengah-tengah masyarakat yang berpotensi menggangu kerukunan umat beragama harus sama-sama kita urai dengan damai, sesuai dengan aturan yang ada" pintanya.



Karena katanya, selain untuk memperkuat Ukhuwah Islamiyah antar ummat muslim dalam kehidupan bermasyarakat, juga penting sekali memperkuat hubungan wathaniyah/kebangsaan antar ummat beragama.





Dialog untuk peningkatan nilai hidup rukun umat beragama melalui moderasi beragama tersebut difasilitasi oleh Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Aceh melalui Sub Bagian Hukum dan Kerukunan Umat beragama tersebut dilaksanakan selama satu hari dengan tujuan agar terus terjalinnya kehidupan yang baik, rukun dan damai serta dapat bersama-sama menangkal pengaruh hoaks, fitnah dan ujaran kebencian yang masih sering disebarkan melalui media sosial yang dapat menyulut perpecahan ditengah-tengah ummat.*(Red/Hrm)





                                                                                                                                    
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top