Loading...

Foto : Cek Man
 
Kenali Cara Belajar ANak
Perhatikan baik-baik cara belajar yang anak kita miliki, apakah anak cenderung dengan visual  (melihat) atau audio (suara). Setiap anak mempunyai keutamaan masing-masing. Gunakan alat bantu biar mareka mudah untuk menghafal.

Ulang-ulang
Menghafal yang  terbaik adalah sering mengulang-ulang. perdengarkan murattal saat anak – anak akan tidur.

Berikan Pemahaman
Ceritakan  dan diskusikan kadungan dan hikmah sebuah hafalan, karena anak-anak selalu ingin mendengarkan cerita.

Motivasi
Ajak anak-anak menentukan target yang ingin di capai. Tidak perlu memasang target yang terlalu tinggi.

Beri Hadiah
Hargai usaha dan prestasi mareka dengan  memberi  hadiah. Bisa juga di gunakan poin untuk setiap ayat yang mereka hafalkan.

Buat Chart Kreatif
Ajak anak untuk membuat bagan kemajuan dalam menghafalnya secara berkala. Bantuk bagan tidak mesti grafik, tetapi bisa digunakan system menyambung titik. Satu titik tiap ayat nanti sampai tersambung titiknya. Bearti sudah selesai satu surat.

Bermain
Sebagai selingan untuk anak yang sudah bisa membaca, buatlah permainan atau kuis yang berhubungan dengan surat yang telah di hafalnya.

Tampilkan
Kumpulkan anggota keluarga atau teman-teman anak anda. Buatlah panggung kecil-kecilan. Minta anak-anak melakukan menghafal  bergiliran. Untuk melatih keberanian didepan umum.

Buatlah Menyenangkan
Menghafal Al-Qur’an dapat manjadi beban bagi anak apabila tidak dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Perhatikan suasana hati si anak. Tidak perlu memaksanya untuk menghafal bila emosinya tidak stabil.
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top