lamurionline.com -- Aceh Besar Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Aceh Besar, H Saifuddin SE, menegaskan pentingnya bimbingan dan manasik haji bagi jemaah calon haji (JCH). Dalam sambutannya saat membuka acara Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Aceh Besar Tahun 1445 H/2024 M, yang dilaksanakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar, di Masjid Alfaizin, Lampeuneurut, Aceh Besar, Senin, 22 April 2024.

Saifuddin menyampaikan bahwa manasik haji adalah kewajiban Kementerian Agama secara nasional dan merupakan hal yang melekat.

"Manasik haji sangat penting, sebab saat jemaah calon haji pindah lokasi dari tanah air ke Arab Saudi, tentu butuh pemahaman matang karena beda kondisi alam," ujar Saifuddin.

JCH Aceh Besar dipersiapkan untuk keberangkatan pada 29 Mei 2024, masuk dalam kelompok terbang (Kloter) pertama dari Aceh. Saifuddin berharap agar seluruh JCH mengikuti rangkaian manasik haji dengan baik, mengingat waktu keberangkatan yang semakin dekat.

"Dengan dimulainya bimbingan manasik hari ini, mari kita ikuti dengan baik, karena keberangkatan dan pelaksanaan haji semakin mendekat," katanya.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan sejak sekarang. "Semoga semua JCH menjaga apa yang diamanatkan oleh dokter dengan cara rutin olahraga dan menjaga pola makan, supaya JCH Aceh Besar tidak ada yang gagal berangkat pada hari H," tambahnya.

Saifuddin menyebutkan bahwa dalam asrama haji, seringkali ada JCH yang gagal berangkat karena masalah kesehatan. Oleh karena itu, ia meminta agar seluruh JCH memperhatikan kondisi kesehatan mereka dengan baik.

Dalam acara tersebut, hadir pula beberapa pejabat seperti Kasi Haji, H Azhari, Kasi Pendidikan Madrasah, H Suryadi SAg MSi, Bimas Islam, H Akhyar MAg, dan petugas haji.

"Nanti ada pemateri yang akan memberikan bimbingan, mohon ikuti secara maksimal, supaya semua JCH paham yang disampaikan oleh pemateri," ucap Saifuddin.

Pj Bupati Aceh Besar yang diwakili oleh Asisten I, Farhan SE, juga turut memberikan arahan kepada JCH. Ia menekankan bahwa tidak semua orang akan terpilih meskipun sudah mendaftar, oleh karena itu manfaatkan dan ikuti manasik haji secara sempurna.

"Hari ini pembukaan, nanti ada tiga wilayah yang terus dilaksanakan manasik hingga selesai," ucap Farhan.

Farhan juga mengingatkan semua JCH untuk mempersiapkan fisik dalam menghadapi perbedaan cuaca dan iklim di Arab Saudi. Jika ada keluhan kesehatan sebelum keberangkatan, diharapkan untuk segera mendatangi Puskesmas dan berkonsultasi dengan dokter yang telah ditentukan.

Di akhir sambutannya, Saifuddin meminta doa dari JCH untuk kemajuan Aceh Besar dan keselamatan seluruh masyarakat. Ia juga berharap agar Indonesia selalu jaya serta sejahtera.

Dengan dimulainya Bimbingan Manasik Haji ini, diharapkan seluruh JCH Aceh Besar dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan mendapatkan manfaat serta pengalaman spiritual yang berharga.(Cek Man/*)

 
 
 
 
 
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top