Loading...

Muhammad Riski Ananda (Juara 1 25 Juz Putra) dan Muhammad Safwan (Juara 1 20 Juz Putra)
LAMURIONLINE.COM I INGIN JAYA - Empat santri utusan Dayah Madrasah Ulumul Qur'an (MUQ) Pagar Air, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar berhasil meraih juara pada Seleksi musabaqah Hifzhil Qur'an (MHQ ) ke-5 antar pesantren tingkat Asean wilayah Aceh & Sumatra Utara yang digelar di Pondok Pesantren Mawaridussalam, Deli Serdang, Sumatera Utara 3-4 Agustus 2019 lalu.

Keempat santri itu adalah M Riski Ananda untuk katagori 25 juz putra, Muhammad Safwan 20 juz putra dan Minnatul Maula katagori 25 juz putri, ketiganya itu berhasil meraih juara pertama. Sedangkan Siti Fatimatuz Zahra Sani mendapatkan juara 3 dengan jumlah hafalan 30 juz putri.

Rais'am Dayah MUQ Pagar Air, Drs H Sualip Khamsin, didampingi sekretarisnya Ustad Rayyan A Hadi SHI, Jumat (9/8) kepada wartawan mengungkapkan, keberhasilan para utusan MUQ pada seleksi tingkat Aceh dan Sumatera merupakan buah dari ketekenun para hafiz dan hafizah. 

"Kami ucapkan selamat dan terima kasih kepada para juara serta mereka yang meraih juara pertama akan mewakili Aceh dan Sumatera untuk tingkat Nasional di Jakarta,  kita juga berharap utusan dari MUQ Pagar Air juga mampu mempertahankan prestasinya di tingkat Nasional nantinya," katanya.

H Sualip Khamsin menerangkan sebelumnya MUQ mengirimkan utusannya untuk ikut MHQ  tersebut sebanyak 8 orang. Empat diantaranya berhail meraih juara yaitu juara pertama sebanyak tiga orang dan juara III sebanyak 1 orang. 

Minatul Maula (Juara 1 25 Juz Putri)
"Alhamdulillah Dayah MUQ Pagar Air mampu meraih juara terbanyak diantara pondok pesantren yang ikut MHQ tersebut baik dari Aceh maupun dari Propinsi lain di Sumatera. Kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh Dewan guru yang telah mendidik para santri sehingga dapat membawa nama harum bagi Dayah MUQ Pagar Air, baik di tingkat Nasional maupun Internasional," ujarnya.

Ustad Rayyan A Hadi SHI menambahkan selain Dayah MUQ Pagar Air, ada 19 dayah dari Aceh dari 55 pesantren se Sumatera yang juga ikut serta pada MHQ ke 5 tingkat Asean yang dibuka dan tutup Pimpinan Pesantren Mawaridussalam KH Drs Syahid Marqum SPdI MM.

Pesantren/ dayah dari Aceh yang ikut yakni MUQ Pagar Air Aceh, PP Ihyaussunnah Aceh, PP Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB), Dayah Insan Qur’ani, PP Muhammadiyah Bireuen, Darul Quran Aceh, PPTQ Aceh Utara, MAN Insan Cendekia, Dayah terpadu Al Muslimun, PTQ Fajrussalam, MUQ Pidie, Ma’had Darut Tahfidz Masykur El Muhsini, Darul ihsan, Dayah Ar Raudhah Lhokseumawe, Ma’had Assunnah, LT3Q El Mas’udy, dan PPTQ Al Fuad Aceh Tamiang. (mariadi)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top