Loading...

LAMURIONLINE.COM I KUTA MALAKA - Dayah Darul Quran Aceh menggelar kegiatan khataman Alquran yaitu menbaca alquran dari awal hingga akhir secara hafalan di dayah tersebut, Jalan Banda Aceh-Medan, Km 19,5 Gampong Tumbo Baru, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar. 

Kegiatan yang diikuti oleh 280 santri dan 30 dewan guru itu berlangsung selama dua hari, yaitu 31 Agustus-1 September 2019.

Kepala Lembaga Ta'limul Quran Dayah Darul Quran Aceh Ustaz H. Alfian Nikmat, Minggu (1/9) mengatakan khataman alquran merupakan rutinitas yang dilaksanakan pada setiap bulannya di dayah tersebut. Lazimnya pelaksanaan khataman alquran dengan cara membacanya. Akan tetapi di Dayah Darul Quran Aceh ini para santri melakukannya dengan cara hafalan yang di mulai dari juz awal hingga selesai. 

"Kegiatan ini memang rutinitas bulanan. Akan tetapi kali ini terasa istimewa dikarenakan bertepatan dengan malam tahun baru islam 1441 H. Pelaksanaannya di mulai bada shalat magrib dan berakhir pukul 00.30 WIB. Dan alhamdulillah kita khataman 18 juz alquran tadi malam. Mengingat hafalan para santri baru berkisar kurang lebih 15 juz," kata Ustaz Alfian. 

Mantan Juara 1 Tafsir Al-Quran Bahasa Inggris Tingkat Nasional di NTB itu menegaskan bahwa kegiatan rutin ini mendapat support yang sangat serius dari Direktur. Dimana di tengah aktifitas beliau yang sangat padat selalu menyempatkan duduk bersama para santri dan dewan guru pada kegiatan khataman alquran mulai dari awal sampai akhir. 

Sementara itu Direktur Dayah Darul Quran Aceh Ustaz Hajarul Akbar Al Hafiz MA mengai kegiatan itu bertujuan antara lain untuk mengulang kembali seluruh hafalan alquran yang telah dihafalkan oleh para santri.  Sehingga hafalan mareka pun akan semakin baik dan benar dan semakin lancar. 

Dan ia berharap dengan kegiatan itu akan menjadi penyemangat dan motivasi para santri untuk terus menjaga dan mengamalkan isi kandungan alquran di kehidupan mareka sehari-hari. 


Dok. IST
"Dayah Darul Quran Aceh menargetkan mulai Januari 2020, InshaAllah akan dilaksanakan khataman 30 juz alquran pada setiap bulannya dengan durasi waktu mulai bada shalat maghrib hingga menjelang waktu shalat subuh.  Dengan demikian kita berharap kedepannya generasi muda Aceh akan senantiasa hadir bersama alquran dalam hidup dan kehidupannya. Selain itu juga akan semakin banyak lagi lahirnya hafiz dan hafizah di bumi Aceh. Itulah cita-cita kita bersama dan semoga mendapatkan berkah," Jelas Ustaz Hajarul Akbar. 

Ustaz Hajarul Akbar juga mengajak masayarakat Aceh khususnya para milenial di manapun berada untuk bisa gabung dalam khataman Alquran tersebut pada setiap bulannya. 

"Dan besar harapannya masyarakat umum bisa bergabung bersama-sma dalam kegiatan tersebut untuk mendapatkan keagungan Alquran yang cukup besar itu," pungkas Ustaz Hajarul Akbar. (murdani)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top