KOMITMEN BERSAMA - Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali bersama Forkopimda menandatangani komitmen bersama menyukseskan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (25/11/2019). dok. Humas Pemkab Aceh Besar
LAMURIONLINE.COM | ACEH BESAR -Bupati Aceh Besar, Ir H Mawardi Ali meluncurkan (launching) Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (25/11). Kegiatan tersebut turut dihadiri Forkopimda, para staf ahli bupati, Asisten Setdakab, para kepala OPD, camat, kepala Puskesmas se-Aceh Besar, dan para ASN Dinas Kesehatan Aceh Besar.

Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali menyatakan, suksesnya program kesehatan merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu, Program GERMAS hendaknya didukung dan dijalankan secara bersama-sama dengan menjalankan pola hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Sering terjadi, ungkap Mawardi Ali, di saat seseorang berusia muda, kerap melupakan faktor pentingnya menjaga perilaku hidup sehat, seperti bekerja hingga larut malam, kurang tidur, dan kurang olahraga. Hal itu dirasakan dampaknya negatifnya di usia senja. 

“Kini, banyak masyarakat kita yang berobat hingga ke luar negeri. Untuk itu, saya ajak kita semua untuk selalu menerapkan pola hidup sehat,” kata Mawardi Ali.

Program GERMAS memiliki beberapa fokus, seperti membangun akses untuk memenuhi kebutuhan air minum, instalasi kesehatan masyarakat serta pembangunan pemukiman yang layak huni. Ketiga hal tersebut merupakan infrastuktur dasar yang menjadi pondasi dari gerakan masyarakat hidup sehat.

Plt Kadis Kesehatan Aceh Besar, Lukman SKM MKes menjelaskan, dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan ke-55 tahun 2019 ini, pihak menggelar sejumlah kegiatan seperti gotong royong, bakti sosial, penyuluhan, dan pemeriksaan kesehatan di Lamteuba Kecamatan Seulimeum, serta menyerahkan penghargaan kepada tenaga kesehatan berprestasi. 


PUKUL RAPAI - Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali bersama Forkopimda memukul rapaii (peh rapai) pada peluncuran Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (25/11/2019)
Adapun penghargaan untuk nutrisionis teladan diraih Yulidar Zakaria SGZ dari Puskesmas Montasik dan paramedis teladan diperoleh Sri Indrayani dari Puskesmas Lembah Seulawah.

Pada peluncuran Program GERMAS tingkat Kabupaten Aceh Besar itu, Bupati Aceh Besar bersama Forkopimda dan pejabat instansi terkait ikut membubuhkan tanda tangan yang berisi komitmen untuk kesuksesan program kesehatan, termasuk Program GERMAS.

Hadir dalam peluncuran GERMAS, Kajar Aceh Besar Mardani SH, Kapolres Aceh Besar AKBP Ayi Satria Yuddha SIK MSi, unsur Forkopimda lainnya, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat, kepala Puskesmas se-Aceh Besar.

Sebelumnya, Pemkab Aceh Besar juga menggelar apel Hari Kesehatan Nasional ke-55 di halaman Kantor Bupati Aceh Besar. Bertindak selaku pembina apel gabungan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Aceh Besar Abdullah SSos. Apel gabungan itu diikuti oleh para kepala OPD, kepala Puskesmas, dan ASN jajaran Pemkab Aceh Besar. (mariadi/rel)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top