Loading...


dok. IST
LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali bersama Kadis PUPR Aceh Besar Ir H Yusmadi MM dan sejumlah pejabat terkait dari Provinsi Aceh dan Balai Besar Wilayah Sungai meninjau sejumlah irigasi di Kecamatan Indrapuri dan Seulimeum, Selasa siang  (07/01).

Peninjauan diawali ke kawasan Krueng Jreu dan berakhir dengan melihat jaringan irigasi yang jebol di Gampong Lamkuk Kecamatan Seulimeum.

Terkait dengan penanganan bagian dari jaringan irigasi yang jebol di Gampong Lamkuk, Bupati Mawardi Ali berjanji akan menanganinya bersama Balai Besar Wilayah Sungai dalam lima hari ini, sehingga sawah petani dapat kembali dimanfaatkan secara baik, Dijelaskan, irigasi tersebut melayani lebih dari 12.000 hektar sawah, mulai dari Kecamatan Seulimeum, Indrapuri, Montasik, Kutabaro, Darussalam hingga Baitussalam.




Pada musim tanam rendengan ini, diakui Mawardi Ali, curah hujan agak kurang. Untuk itu, ia minta para penjaga pintu air bersama Muspika mengatur dan memantau distribusi air bagi petani di wilayah kerjanya masing-masing.

Bila curah hujan ke depan makin kurang, Mawardi juga akan mengajak para ulama dan masyarakat untuk melakukan shalat istisqa.

Sementara itu, Keuchik Lamkuk Basyirun Nazir berharap agar jaringan irigasi yang jebol di gampung mereka dapat segera diperbaiki agar petani dapat kembali mendapat distribusi air secara baik.

Ia menambahkan, peristiwa irigasi jebol sekitar 25 meter itu terjadi pasa 24 Desember 2019 lalu. 

"Kunjungan Pak Bupati dan pejabat terkait ini semoga membawa solusi segera bagi para petani," harapnya. (mariadi/rel)
SHARE :
 
Top