Loading...

Reportase Dai Perbatasan

dok. IST
Dalam rangka milad EL-SHAFA yang Ke-1, EL-SHAFA menggelar kegiatan EL-SHAFA Hijrah Cam, Sabtu - Minggu (8 - 9/2) sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H. Kegiatan dengan tema "Go Hijrah whit Sunnah To Jannah" menghadirkan penceramah dari kalangan Da'i, dan teristimewa ceramah maulid diisi Habib Fahmi Assegaf (Alumni Ribath Al-Fath, Huraidhah, Hadral Maut, Yaman)

Komunitas ini terbentuk berawal dari sebuah ta’lim yang digelar oleh seorang da’iah perbatasan provinsi Aceh, Ustazah Evi Maulida SPdI di Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang tahun 2018. Kala itu jama’ah mayoritas dihadiri oleh kalangan remaja, dengan tema “Kewajiban Menutup Aurat”. Saat itu beberapa jama’ah merasa tersentuh dan mulai bertekat menjadi  muslimah sejati, dan terus memperbaiki diri. Sejak saat itu semakin manyak muslimah yang sharing untuk hijrah kejalan yang diridhai Allah, pembinaan dan bimbingan terus dilakukan oleh dai yang ditugaskan di daerah tersebut. 

Berangkat dari sana, tepat 10 februari 2019, sang da’iah terfikirkan untuk membuat sebuah wadah komunitas da’wah yang bertujuan untuk membentengi umat ditengah-tengah hingar-bingar dunia dengan belajar dan mengamalkan  ilmu tasawuf tauhid dan fiqh dalam Manhaj Ahlussunnah WalJama’ah. Apa lagi ditengah-tengah  maraknya firqah-firqah dan aliran-aliran menyimpang yang berkembang. Harapannya dapat memotivasi dan menginspirasi umat untuk memilih jalan yang Allah dan Rasul tentukan sebagai jalan yang terbaik dalam hidupnya.



Komunitas tersebut dinamai dengan“EL-SHAFA” dan sampai saat ini masih menjalankan program dakwah dalam pembinaan keagamaan untuk ummat muslim dan muslimah di wilayah Kecamatan Tenggulun dan bisa terus berkibar diseluruh kabupaten Aceh Tamiang. 

Seiring dengan berjalannya waktu hingga tepat pada usia 1 tahun, kini Komunitas Dakwah EL SHAFA yang digagas oleh Ustazah Evi Maulida SPdI kadernya terus bertambah sehingga diharapkan semuanya terlibat dalam kegiatan dakwah sepanjang tahun ini. Dai itu muncul ide untuk membentuk sebuah program tarbiyah yang dapat digunakan untuk pusat pembinaan dan dakwah islam di sekitar dalam wilayah Kecamatan Tenggulun. Meski sang penggagas tidak dapat hadir di acara tersebut (berhubung panggilan tugas da'i ke Banda Aceh) namun acara berlangsung sukses. (*)
SHARE :
 
Top