LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Sebagai bentuk kepedulian terhadap ketahanan pangan bagi keluarga dan pondok pesantren Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR RI) asal Aceh H Irmawan S.Sos. MM kembali menyalurkan bantuan melalui program perkarangan pangan lestari Kamis, (17/06) di Aceh Besar.

Kegiatan Perkarangan pangan lestari ini berfokus pada pembangunan sarana pembibitan, pengembangan demplot, pertanaman, dan penanganan pascapanen.

Bantuan senilai 2,4 Milyar bagi Kelompok Wanita Tani dan Kelompok Tani Pondok Pesantren  ini tersebar di beberapa kabupaten kota di Aceh diantaranya Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Kota Sabang, Pidie Jaya, Aceh Tamiang dan Gayo Lues.

Dalam arahannya yang disampaikan oleh staf ahlinya Munawar AR mengatakan pandemi yang tak kunjung akhir ini telah menghantam semua lini kehidupan salah satunya sektor pertanian masyarakat kita baik keluarga maupun pondok pesantren.

"Kepada penerima kami berpesan jadikan bantuan ini sebagai stimulus bagi petani dan pondok pesantren minimal kebutuhan sayur mayur bagi keluarga dan santri bisa tertangani melalui program ini dan kami berharap agar mengatakan pemanfaatan lahan pekarangan, benar-benar dirasakan manfaatnya, terlebih di saat kondisi pandemi seperti ini". ujar Munawar AR

Lebih lanjut ia menambahkan apabila bantuan pertanian tahap penumbuhan ini sukses maka tahun depan pak irmawan akan kembali mengusulkan melalui tahap pengembangan.

Kadis Pangan Aceh Besar Ir Fuadi Akhmad mengatakan akibat covid yang belum selesai pada tahun anggaran 2021 di dinas Pangan Aceh Besar terjadi pemangkasan anggaran senilai 1,6 Milyar.

"Alhamdulillah kami mengucapkan terimakasih kepada pak irmawan atas kontribusinya untuk kelompok tani binaan dinas pangan Aceh Besar dan kami berharap agar bantuan ini bisa meningkatkan pendapatan keluarga di masa pandemi" ujarnya di dampingi Kabid Distribusi, Informasi dan Cadangan Pangan Idarlaila SP MP

Sementara Salah satu penerima bantuan pekarangan pangan lestari  yang juga Pimpinan Pondok Pesantren Darul Wustha Aceh Besar Tgk Muhibuddin MA bersyukur pondok pesantrennya menjadi salah satu penerima bantuan sebanyak 60 juta.

"Syukur alhamdulillah, kami ucapkan terimakasih dan apresisasi atas perhatian kepada pondok pesantren yang selama ini terlihat masih belum tersentuh oleh program-program pengembangan pesantren seperti p2l ini" ujarnya

Prioritaskan Pondok Pesantren

Pada kesempatan yang sama Munawar AR mengatakan bahwa bantuan pekarangan pangan lestari tahun 2021 berbeda dengan tahun sebelumnya.


"Pada tahun 2021 saat RDP dengan pak Menteri Pertanian dan para dirjen pak Irmawan memberikan catatan  dalam naskah rapat dan juga menyampaikan agar pondok pesantren harus menjadi prioritas penanganan Covid dalam program-program yang dicanangkan oleh kementan" ujar Munawar AR yang juga Sekretaris KNPI Aceh Besar.

Lebih lanjut ia mengucapkan terimaksih kepada presiden Jokowi atas kepeduliannya terhadap pesantren  dan tidak boleh ada lagi diskriminasi bagi pondok pesantren karena sejarah telah membuktikan peran santri bagi berdirinya Rebuplik Indonesia. (rel)

SHARE :
 
Top