lamurionline.com -- Aksi Cristiano Ronaldo menggeser botol Coca-cola di konferensi pers jelang pertandingan Euro 2020 berimbas fatal. Saham raksasa minuman soda itu langsing melorit tajam.



Produsen minuman Coca-cola harus kehilangan nilai pasar (market value) sebesar  4 miliar AS Dolar atau setara Rp56 triliun (kurs Rp14 ribu). Kejatuhan nilai pasar Coca-cola tersebut dipicu oleh aksi bintang sepakbola dunia itu saat konferensi pers jelang laga Hungaria vs Portugal di Euro 2020.

Ronaldo menyingkirkan dua botol Coca-cola di hadapannya hingga tidak tertangkap oleh kamera. Pemain asal Portugal itu menggantinya dengan air putih. Padahal, Coca-cola merupakan salah satu sponsor gelaran Euro 2020 tersebut.

Pemain yang terkenal dengan julukan CR7 itu tidak hanya menjauhkan Coca-cola dari jangkaun kamera. Pemilik lima Ballon d’Or itu juga memberi pesan agar jangan minum soda dengan mimik kurang senang.

“Minumlah air, bukan Coke (Coca-cola),” ujar Ronaldo dikutip dari Doentes por Futebol sembari mengangkat botol air mineral.

Dilansir Marca, saham Coca-cola Company (KO) anjlok dari yang tadinya bernilai 56.10 dolar Amerika Serikat per lembarnya, menjadi 55.20 dolar. Nilai perusahaannya turun dari 242 miliar dolar atau Rp 3,44 kuadriliun, menjadi 238 miliar dolar atau Rp 3,38 kuadriliun.

Hingga Selasa (15/6/2021) pagi waktu setempat, saham Coca-cola di New York Stock Exchange (NYSE) masih mandek di kisaran 55.23-55.25 dolar.

Coca-cola adalah salah satu sponsor resmi turnamen UEFA EURO 2020. Perusahaan dilaporkan mengeluarkan pernyataan tentang insiden tersebut, mengatakan “setiap orang berhak atas preferensi minuman mereka” dan memiliki “selera dan kebutuhan” yang berbeda.

“Para pemain ditawari air, bersama Coca-cola dan Coca-cola Zero Sugar, pada saat kedatangan di konferensi pers kami,” kata juru bicara Euro 2020 dikutip Bussiness Insider.

Ronaldo sebelumnya telah berbicara tentang ketidaksetujuannya terhadap Coca-cola serta makanan dan minuman tidak sehat lainnya. Ronaldo dikenal sebagai pesepakbola yang menjaga betul kesehatan, mengikuti rutinitas kebugaran yang mencakup makan enam kali dan tidur siang lima kali pada hari-hari biasa.

Ia termasuk menolak minum soda dan alkohol. Ronaldo bahkan pernah kesal saat anaknya, Cristiano Jr, kebanyakan makan keripik dan Coca-cola. Hal ini berbeda dengan Lionel Messi, pesaingnya, yang justru menjadi ikon utama Pepsi, rival Coca-cola.*

Sumber : Hidayatullah.com

SHARE :
 
Top