lamurionline.com -- Banda Aceh : Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar, menyambut baik langkah Wali Kota Aminullah Usman yang mengeluarkan keputusan terkait pelaksanaan pemilihan keuchik (pilchik) serentak tahun 2021.

Farid Nyak Umar, Ketua DPRK Banda Aceh


Hal tersebut disampaikan Farid Nyak Umar dalam rapat evaluasi dan pembahasan perpanjangan Innstruksi Mendagri Nomor 29 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM di Balai Kuerukon Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh, Rabu (04/08/2021).

Farid Nyak Umar mengapresiasi Pemko Banda Aceh yang telah menjadwalkan penyelenggaraan pilchik secara langsung yang digelar serentak di Kota Banda Aceh tahun 2021 pada November mendatang. Karena sebelumnya DPRK juga telah mengesahkan Qanun Nomor 4 Tahun 2021.

“Tantu kami DPRK menyambut baik langkah ini, sesuai dengan keputusan yang telah dikeluarkan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” kata Farid Nyak Umar saat menyampaikan sambutannya.

Dalam hal ini kata dia pemerintah perlu menyiapkan langkah–langkah terhadap agenda besar ini sesuai dengan arahan mendagri tentang pelaksanaan pilkades. Terutama terkait dengan keamanan, kedua penerapan protokol kesehatan agar tidak bekerumun karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Tahap pertama dengan jumlah 25 Gampong, dengan jumlah ratusan TPS yang digelar secara serentak pada 14 November dikutkan terjadi klaster pilchiksung di Banda Aceh, maka ini perlu perhatian forkopimda,” kata Farid.

Menyikapi hal ini Farid juga meminta kepada Pemko Banda Aceh, terutama kepada Badan Pemberdayaan Masyarakat Gampong selaku leading sector untuk segera melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) kepada petugas mulai dari tingkat desa, kecamatan, sampai tingkat gampong. Dengan begitu pihak-pihak terkait ini memiliki pemahaman terhadap regulasi yang digunakan dalam pilchiksung nanti.

“Supaya mereka juga memahami tugas-tugas dari penyelenggara pilchiksung, Banda Aceh sebagai estalase dari penyelenggara pilchiksung ini, kita berharap Banda Aceh menjadi model bagi kabupaten lain di Aceh dalam pemilihan keuchik ini,” tutur Farid Nyak Umar, Ketua DPRK Banda Aceh.(Cek Man/Rel)




SHARE :
 
Top