lamurionline.com -- Aceh Besar : Pemerintah Kabupaten Aceh Besar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar menyalurkan bantuan pembinaan untuk 21 sanggar seni baik dari gampong, umum, maupun sekolah secara simbolis oleh Kadisdikbud Aceh Besar, Dr Silahuddin MAg, di Aula Disdikbud Aceh Besar, Kota Jantho, Senin (30/8/2021).


Kadisdikbud Aceh Besar, Dr Silahuddin MAg menyerahkan bantuan uang pembinaan secara simbolis untuk 21 sanggar seni dan budaya di Aula Disdikbud Aceh Besar, Kota Jantho, Senin (30/8/2021). FOTO/ DOK DISDIKBUD ACEH BESAR

Kadisdikbud Aceh Besar Dr Silahuddin MA dalam sambutannya mengatakan setiap sekolah dan kecamatan idealnya ada sanggar seni dan sebaiknya  mempunyai legalitas. "Kami Disdikbud tidak ada apa-apanya tanpa ada kreatifitas dari sanggar  seni dan budaya," katanya.

"Sebenarnya dalam tahun ini ada event besar di bidang kebudayaan, namun karena adanya pandemi sehingga dilakukan refokusing anggaran yang tidak sedikit,” ungkapnya.

Silahuddin mengharapkan dana bantuan yang diberikan ini walau sedikit, namun dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan dalam rangka peningkatan sumber daya sanggar.

Sementara itu Kabid Kebudayaan Disdikbud Aceh Besar, Dra Zaimah Razali MSi mengatakan jumlah penerima bantuan sebanyak 21 sanggar yang telah dilakukan verifikasi kelengkapan adminiatrasi diantaranya mempunyai legalitas dan semua penerima bantuan juga akan dievaluasi nantinnya.

“Dengan adanya bantuan sebesar Rp 2,5 Juta persanggar dan dananya langsung masuk rekening setelah adanya pemotongan pajak. Tentunya ini dapat meningkatkan motivasi, kreatifitas, semangat dari seniman dalam berkhazanah budaya Aceh Besar. Kita berharap tahun depan lebih meninggkat,” tutur Zaimah.

Pada kesempatan yang sama Ketua Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Aceh Besar, Mariadi ST MM mengatakan bahwa pemberian bantuan dari Pemkab Aceh Besar melalui Disdikbud Aceh Besar merupakan sebuah loncatan yang paling bagus untuk kemajuan seni dan budaya di Aceh Besar, untuk itu DKA sangat mengapresiasikannya.

"Bantuan ini menjadi stimulus dan kehidupan baru bagi sanggar walaupun nominalnya sedikit, manfaatkan untuk kepentingan sanggar, jangan di luar itu,” pungkas Mariadi, optimis sanggar-sanggar di Aceh Besar akan semakin bersemangat. (Cek Man/*)


SHARE :
 
Top