lamurionline.com -- Papua : Prestasi Aceh meningkat pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 di Papua, yang telah meraih 10 medali emas, 6 medali perak dan 9 perunggu, berada di urutan ke-13 dari 34 Provinsi menjelang dua hari penutupan multi event olahraga nasional empat tahunan di tanah air ini, 15 Oktober 2021.


Ketua Umum KONI Aceh, Muzakir Manaf (paling tengah berdiri), sejumlah pengurus KONI dan anggota Kontingen Aceh berpose bersama dengan atlet tarung derajat nomor seni gerak, usai pengalungan medali emas. Foto : Humas KONI Aceh.


Capaian tersebut melebihi prestasi PON XIX/2016 di Jawa Barat, ketika itu, Aceh meraih 8 medali emas, 7 perak dan 9 perunggu, berada di peringkat 17. Prestasi masa itu yang terbaik sepanjang Aceh ikut PON sebelumnya.

Perjuangan atlet-atlet Tanah Rencong di Bumi Cendrawasih habisan – habisan untuk mencetak prestasi terbaik, meraih medali emas. Pada pesta olahraga nasional ini, Aceh mengirimkan 127 atlet mengikuti 26 cabang olahraga.

Peluang Tambah Emas

Peluang bertambahnya medali emas Aceh masih bertambah menjelang dua hari penutupan PON, pada tim sepakbola yang berlaga di final dengan Papua di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Kamis (14/10/2021).

Dari kempo melalui kensi Maisarah kelas 55 kilogram yang bertanding di final dengan Siska dari NTT di GOR STT GIDI, Sentani. Pane Riyanto terjun payung yang masuk semi final di Mimika.

Ada tim rugbi putra dan putri yang masih berjuang pada babak penyisihan di Sentani. Biliar Bola 9, dengan atlet Winoto bertanding di Mimika yang diharapkan bisa mendapatkan medali. Seluruh pertandingan akan berakhir 14 Oktober.

Tambahan medali yang meningkatkan prestasi Aceh, tiga hari menjelang penutupan, dari tarung derajat mendapat tiga emas, satu perak dan lima perunggu dan atletik melalui Fuad Ramadhan, lari 400 meter. Kedua cabang olahraga itu dipertandingkan di GOR Emma Neme, Timika, (12/10/2021).

Lalu, atlet silat Misran meraih medali perak kelas 55 – 60 Kg di GOR Toware, Sentani.

Tiga Emas Tarung Derajat

Tiga medali emas tarung derajat dari Seni Gerak Tiga Garang Putra, dengan personel, Juanda, M Iqbal dan Imran. Nomor Tari Gerak Putra, duet Juanda dan Iqbal. Nomor Seni Gerak Tarung (Getar) campuran dengan atlet Teta Rika, Juanda dan M Iqbal.

Satu perak diraih Kandar Hasan di kelas 70 Kg dan lima perunggu dari nomor tarung di kelas yang berbeda.

Sebelumnya, Aceh baru meraih 6 emas, 4 perak dan 4 perunggu. Dengan tambahan itu, sudah mengumpulkan 10 emas, 5 perak dan 9 perunggu.

Ketua Umum KONI Aceh, Muzakir Manaf, Ketua Harian Kamaruddin Abubakar, sejumlah pengurus dan anggota Kontingen di Mimika menyaksikan langsung dan bersama-sama memberikan dorongan moril kepada atlet tim Tarung Derajat Aceh, pada persaingan perebutan medali emas di pertandingan terakhir cabang olahraga beladiri tersebut.

Dengan tambahan medali emas, perak dan perunggu, yang mengangkat peringkat dan prestasi di PON Papua disambut rasa syukur, suka cita bercampur haru. (SDM)

SHARE :
 
Top