lamurionline.com -- Sabang : Raudhatul Athfal (RA) Al-Qur’an Kota Sabang pimpinan Fitriati SPd menggelar manasik haji untuk para siswa Raudhatul Athfal (RA), Sabtu (27/11/2021).

Fitriati saat diwawancara, kepada media ini mengatakan kegiatan manasik haji ini sebagai upaya dalam menanamkan Rukun Islam yang kelima kepada para peserta didik. “Seyogyanya ini rutin kita lakukan setiap tahunnya. Namun di dua tahun belakangan tidak terlaksana karena pandemi Covid-19. Tapi seiring Kota Sabang sudah zona hijau, kegiatan manasik haji kita laksanakan lagi, diharapkan ini akan menjadi penyemangat bagi mereka di masa mendatang. Dan untuk tahun ini sebanyak 120 anak ikut ambil bagian dalam manasik haji,” jelas Fitriati.



Sementara itu, Pemandu Manasik Haji H Murdani SAg MA menyampaikan tujuan dari kegiatan ini agar-agar anak-anak mengetahui tentang Rukun Islam Kelima yaitu melaksanakan haji jika mampu.

“Harapannya agar anak-anak belajar nilai-nilai agama dalam pelaksanaan ibadah haji yang dikemudian hari akan memacu aspek keingintahuan anak maka dari itu perlu dibimbing pelaksanaannya secara menyeluruh. Seolah-olah memang sedang melakukan haji di Baitullah,” terang Murdani yang juga Kasubbag TU Kemenag Kota Sabang.

Rombongan Jamaah Haji Cilik memulai Manasik Haji dari RA Al-Qur’an kemudian bergerak ke Masjid Jami’ Balohan untuk melakukan Ihram dan niat. Lalu, berlanjut dan finish untuk melaksanakan wukuf, tawaf, sai, dan tahallul di Masjid Agung Babussalam Kota Sabang.(Cek Man)

SHARE :
 
Top