*Jadi Peluang Bangkitkan UMKM

Wali Wali Kota Banda Aceh Drs H Zainal Arifin dalam sambutannya pada acara “Ngoceh Preneur, Kiat Bertahan Ekonomi Kreatif Bertahan di Tengah Pandemi 19”, di Hotel Kyriad Muraya Aceh, Banda Aceh, Senin (8/11/2021). FOTO/ PROKOPIM PEMKO BANDA ACEH


lamurionline.com -- Banda Aceh : Wali Wali Kota Banda Aceh Drs H Zainal Arifin mengajak para generasi muda yang ada di Aceh, agar dapat mempromosikan wisata halal yang sudah menjadi ikonnya Aceh, khususnya Kota Banda Aceh.

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota dalam sambutannya pada acara “Ngoceh Preneur, Kiat Bertahan Ekonomi Kreatif Bertahan di Tengah Pandemi 19”, di Hotel Kyriad Muraya Aceh, Banda Aceh, Senin (8/11/2021).

“Daerah Aceh menjadi satu-satunya daerah yang diberi keistimewaan dalam pelaksanaan Syariat Islam secara kaffah, termasuk adanya wisata halal. Ini sangat luar biasa,” kata sosok yang sering di sapa Chek Zainal itu.

Sebab itu, Chek Zainal menjelaskan, wisata halal merupakan peluang, bukan hanya dalam urusan agama juga berpeluang dalam segi ekonomi. Ia juga menyebutkan, wisata halal telah menjadi tren wisata dunia, serta kuliner yang di sajikan teruji baik bagi kesehatan.“Jangan ragu mempromosikan wisata halal, karena wisata halal disukai semua kalangan termasuk Non Muslim di seluruh Dunia,” ungkapnya.

 

Wali Wali Kota Banda Aceh Drs H Zainal Arifin menerima bingkisan saat membuka acara “Ngoceh Preneur, Kiat Bertahan Ekonomi Kreatif Bertahan di Tengah Pandemi 19”, di Hotel Kyriad Muraya Aceh, Banda Aceh, Senin (8/11/2021).
FOTO/ PROKOPIM PEMKO BANDA ACEH

Menurut Chek Zainal mengatakan, wisata halal merupaka sebuah peluang untuk membangkitkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal tersebut, sudah pernah di buktikan oleh daerah Nusa Tenggara Barat (NTB), dimana mereka melakukan ekspor anyaman tikar untuk Negara Arab. “Dan ada pula yang ekspor manakan berlebel halal ke luar negeri, padalah mereka bukan daerah yang diberi sertivikasi pelaksanaan Syariat Islam. Ini patut kita contoh,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Chek Zainal mengucapakan selamat kepada Muhammad Akkral (Kota Banda Aceh) dan Salwa Nisrina Authar Nyakcut Daulat (Kota Lhokseumawe), yang telah meraih juara pertama dan berhak menyandang gelar Duta Wisata Nasional 2021.

“Kami menyampaikan selamat kepada Agam Inong Aceh yang sudah berhasil membawa nama Aceh ke tingkat Nasional. Selain itu, kami juga mengapresiasi Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh yang selama ini telah berkontribusi dalam mempromosikan Aceh,” pungkasnya.

Turut hadir Kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh Iskandar SSos MSi dan jajarannya, beserta para sejumlah pemateri lainnya.(Ali/Cek Man)

SHARE :
 
Top