lamurionline.com -- Banda Aceh : Sembilan petinju Aceh Besar berhasil tampil ke final Prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra PORA) III, yang digelar di Hotel Lido Graha, Lhokseumawe,1 – 7 November 2021.



Mengesankan, dari sembilan petinju yang maju ke final itu, tujuh di antaranya petinju putri dan dua petinju putra. Para petinju Aceh Besar tersebut juga langsung lolos ke PORA XIV/2022 di Pidie.

Ketua Harian Pengkab Pertina Aceh Besar, Dien Jauhari yang ditanya posaceh.com melalui layanan pesan WhatsApp, Sabtu (6/11/2021) petang menyebutkan, tujuh petinju putri Aceh Besar yang maju bertarung di final yaitu Putri Indah, kelas terbang ringan, 50 kilogram melawan Susi dari Aceh Tengah, Cut Sumayya Khanita Naira (terbang, 52 Kg) menantang Juliana (Lhokseumawe).

Winda Aulia (bantam, 54 Kg) bertemu Tifani (Simeulue), Sufinatunnajah (bulu,57 Kg) berhadapan dengan Yolanda Safitri (Nagan Raya), Putri Diana (welter ringan, 63 Kg) berduel dengan Izazi Isnah (Bireuen), Cut Suci (menengah, 75 Kg) bertarung dengan Siti Munawarah (Aceh Timur), Nanda Sapura (berat ringan, 80 Kg) menghadapi Naya Zafina (Bireuen).

Dien menyebutkan, dua petinju putra yang maju ke final yaitu M. Irza Syahputra (kelas menengah,75 Kg) menghadapi Axldrei Kaswara (Langsa) dan Maulana Daffa (kelas berat ringan,80 Kg) melawan M.Khaliq (Lhokseumawe). “Pertandingan partai final dimulai Sabtu petang hari ini,” katanya.

“Dari tujuh petinju putri Aceh Besar yang bertanding di Pra PORA semuanya tampil di final, sekaligus lolos ke PORA,” ujar Dien Jauhari yang juga pelatih tim tinju Aceh Besar ini.

Sebelumnya, jelas Dien Jauhari, juga ada lima petinju Aceh Besar yang lolos ke PORA Pidie meski tidak sampai final di Pra PORA yaitu Yaser Arafat, kelas terbang 51 Kg, Ihfan Dwi Andrea (bulu, 57 Kg), T Feri Andika (welter ringan, 63 Kg), Alif Al Rafi (menengah ringan, 71 Kg), M Saiful Nurullah Al Imran kelas penjelejah, 86 Kg. “Peringkat 1 – 6 masing kelas di Pra PORA lolos ke PORA,” sebutnya.

Selain itu, katanya, ada empat petinju Aceh Besar yang langsung tampil di PORA Pidie tanpa ikut Prakualifikasi, karena juara pada PORA XIII/2018 Aceh Besar, yaitu petinju putri Farmiwati kelas layang 48 kilogram. Tiga petinju putra yakni Muhammad Fahmi Ikhsan, kelas bantam, 54 Kg, Jonarta Saragih (ringan, 60 Kg), Amri Sitepu kelas berat, 92 Kg.

18 Petinju 

“Ada 18 petinju Aceh Besar, terdiri dari 10 putra dan 8 putri yang akan bertarung pada PORA XIV/2022 Pidie,” sebut pemilik sasana tinju Dien Jauhari Boxing Camp (DJBC) ini.

Tim Tinju Aceh Besar pada Pra PORA ini ditangani tiga pelatih yaitu Dien Jauhari, Ricky Tarmizi dan Nazaruddin Hanafi.

Pra PORA Tinju yang dibuka Ketua Harian KONI Aceh, Kamaruddin Abubakar atau Abu Razak, Senin (1/11/2021), diikuti 110 petinju dari 17 kabupaten/kota, mempertandingkan 11 kelas putra dan 9 kelas putri. Prakualifikasi ini akan berakhir, Minggu (7/11). (Sudirman Mansyur).

SHARE :
 
Top