LAMURIONLINE.COM I LHOKSEUMAWE  – Baitul Mal Aceh (BMA) menyalurkan zakat bantuan kebakaran kepada 27  keluarga di Gampong Kota Lhokseumawe, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Rabu (9/12/). Bantuan diterima mustahik Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta, dengan  jumlah zakat yang disalurkan Rp 73,5 juta. 

Penyaluran zakat diserahkan oleh Anggota Badan BMA, Dr Abdul Rani Usman MSi, yang didampingi Anggota Badan Baitul Mal Kota (BMK) Lhokseumawe Tgk Muhammad Isa, Yuswardi Mustafa, M. Sos, Tgk M Saleh Yatim dan Kepala Sekretariat BMK Lhokseumawe Amri S  Sos, Kasubbag Informasi Badiuzzaman, serta tenaga profesional Adi Saputra, SHI, Muharuddin, SEI, dan Muhajir.

Abdul Rani mengatakan, dana zakat yang disalurkan sebagai bantuan masa panik pasca musibah, dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan masa darurat dan tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak berguna.  

Sementara Kepala Sekretariat BMK Lhokseumawe, Amri SSos mengatakan, musibah kebakaran adalah bentuk kasih sayang Allah kepada hambanya dan hikmah agar kita selalu bersyukur dan tidak lalai pada perintah Allah Swt.  “Mari kita tingkatkan ibadah kepada Allah dan tetap semangat membangun masa depan yang lebih baik,” harapnya. 

Seorang warga yang mengalami musibah kebakaran, Bukhari (60) mengungkapkan, kebakaran terjadi Sabtu (27/11/2021) malam di Gampong Kota Lhokseumawe pukul 22.20 WIB.  “Kami senang  atas bantuan yang diberikan oleh Baitul Mal Aceh, yang bisa meringankan beban kami, karena selama ini kami masih kekurangan sandang, pangan dan papan,” katanya.  

Korban lainnya, Umaidah (64) mengatakan, saat kejadian tidak berada di rumah, namun sedang berobat di Rumah Sakit Aceh Tamiang, karena sakit-sakitan dan harus dipapah berjalan. Sekembali dari rumah sakit, didapati rumahnya hangus terbakar dan tidak dapat menyelamatkan benda apapun, hanya tersisa baju di badan. Rumah tersebut telah ditempatinya selama 20 tahun bersama  suami, anak, menantu dan cucunya. (smh/rel)

SHARE :
 
Top