lamurionline.com -- Pulo Aceh : Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar dari berbagai unsur yaitu penghulu, guru, penyuluh agama, tenaga administrasi dan pejabat kemenag selama tiga hari, Kamis - Sabtu (24-26 Maret 2022) berkunjung ke salah satu kawasan pulau terpencil dan terluar di Aceh Besar yaitu Pulo Nasi Kecamatan Pulo Aceh.

Kehadiran ASN Kemenag Aceh Besar bukanlah untuk menghadiri acara pesta/walimah atau mengadakan acara nikah massal karena di hadiri penghulu/ kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se Aceh Besar tetapi mengadakan serangkaian kegiatan aksi bakti sosial secara terpadu.

Kegiatan pertama di mulai di aula gedung serba guna Gampong Deudap, puluhan tokoh masyarakat yang terdiri dari imum mukim, imum masjid, keuchik, aparatur gampong dan penyuluh agama telah menunggu untuk mengikuti pembinaan moderasi agama dan diskusi bersama Kepala Kankemenag Aceh Besar H Abrar Zym SAg MH yang di dampingi Kasi Bimas Islam H Akhyar SAg MAg. 



Dalam kesempatan tersebut di serahkan kitab suci Al Quran untuk seluruh masjid  di Pulo  Nasi sehingga dapat di mamfaatkan  menyemarakkan syiar tadarus di bulan suci ramadhan. Dalam diskusi dengan tokoh masyarakat terdapat beberapa usulan menarik, mereka meminta untuk di kirim tenaga khatib dan da'i dari kawasan daratan karena di saat tertentu seperti bulan ramadhan dan idul fitri terjadi krisis khatib sehingga meminta di fasilitasi kegiatan pelatihan khatib.

Selanjutnya Kakankemenag Aceh Besar H Abrar Zym SAg MH di dampingi kasubbag tata usaha H Khalid Wardana SAg MSi dan Kasi Pendidikan Madrasah Suryadi SAg dan rombongan melakukan kunjungan ke SMAN 1 Pulo Aceh  di Gampong Alue Reuyeung yang merupakan gampong kelahiran Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi, di SMAN Pulo Aceh telah menunggu Kepala sekolah Anwar SPd, dewan guru dan puluhan siswa untuk mengikuti 2 kegiatan yaitu penyerahan santunan anak yatim yang berasal dari 5 gampong di Pulo Nasi dan mengikuti bimbingan perkawinan pra nikah untuk remaja/pelajar.




Kegiatan pada hari kamis di akhiri di MIN Pasi Janeng, seluruh siswa MIN menerima paket ramadhan berupa syrup dan gula yang di serahkan oleh Kakankemenag Aceh Besar dan rombongan, di dampingi kepala MIN Bakhtiar SAg dan dewan guru.

Pada hari kedua, Jum'at (25/3/2022) giliran para penghulu/Kepala KUA melakukan aksi dengan menugaskan khatib terbaik untuk mengisi khutbah jumat dan aksi gotong royong di 6 masjid yang ada di Pulo Nasi dan menggelar rapat kordinasi Kepala KUA se Aceh Besar.

Menurut Kasubbag tata usaha Kemenag Aceh Besar H Khalid Wardana SAg MSi di pilihnya Pulo Nasi untuk aksi dan bakti sosial Kemenag untuk mendekatkan ASN dengan masyarakat yang berdomisili di Kepulauan terluar dan terpencil tersebut, terutama memberikan syiar untuk persiapan menyambut bulan suci ramadhan 1443 hijriah.

Pada tahun yang lalu kegiatan serupa di gelar di Pulo Breuh, ini membuktikan bahwa abdi negara yang kesehariaannya bertugas di ibukota Kabupaten, Kota Jantho turut berbagi kebersamaan dan ikut peduli dengan masyarakat kepulauan, ungkap Khalid. (Cek Man)

SHARE :
 
Top