lamurionline.com -- Banda Aceh : 
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyambut hangat kedatangan DPW BKPRMI Aceh dalam rangkat audiensi dan silaturrahim yang dipimpin langsung Ketua Umum Dr. Mulia Rahman, MA. Pertemuan ini merupakan sesuatu yang sangat dinanti-nantikan BKPRMI Aceh masa bakti 2019-2023, betapa tidak sejak dilantik pada Februari 2019 baru kali ini bisa ber-audiensi langsung dengan orang nomor satu Aceh saat ini, Jum'at (04/03/22). 

Hal ini terjadi karena padatnya jadwal gubernur dan juga pandemi Covid-19 yang melanda Aceh sehingga berimbas dalam banyak hal termasuk tertunda atau batalnya jadwal audiensi DPW BKPRMI Aceh dengan sejumlah jajaran di Pemerintahan Provinsi Aceh.

Berbekal sikap husnudhan (selalu berbaik sangka) dan optimis, serta semangat pantang menyerah BKPRMI Aceh akhirnya apa yang selama ini ditunggu-tunggu tercapai juga, yakni terwujudnya silaturrahim dengan Gubernur Aceh yang pada kesempatan ini bertempat di Pendopo Gubernur, di Banda Aceh. 


Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, MT saat Menerima Audiensi Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Aceh, dalam rangka membahas persiapan keberangkatan Kafilah Aceh ke Ajang FASI Nasional XI yang digelar di Stadion Jakabaring Palembang, di Meuligoe Gubernur Aceh, Banda Aceh, Jum’at (4/3/2022). FOTO/ HUMAS PEMERINTAH ACEH

Pertemuan ini akan menjadi catatan penting dalam sejarah BKPRMI Aceh dan juga pelaksanaan syariat Islam di Aceh, karena Gubernur sangat mengapresiasi setiap komitmen dan langkah BKPRMI Aceh yang selalu mendukung sikap Pemerintah Aceh dalam menjaga syariat di Bumi Serambi Mekkah.

Pada kesempatan ini, Gubernur Nova mengapresiasi BKPRMI Aceh yang istiqamah berjuang memakmurkan masjid dan memajukan generasi penerus bangsa. Beliau juga memberikan dukungan penuh kegiatan FASI agar dijadikan agenda rutin di Aceh, bahkan Gubernur langsung memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh untuk segera menyiapkan payung hukum untuk legalitas pelaksanaannya ke depan. Tentunya kebijakan Gubernur ini nantinya akan dikuti juga oleh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Aceh sebagai dukungan pada kebijakan Gubernur. 


Dukungan tersebut disampaikan oleh Pak Nova Iriansyah setelah mendengarkan dengan seksama penjelasan Ketua Umum dan menerima laporan kegiatan BKPRMI Aceh dari tahun 2019 s/d 2022, termasuk program FASI (Festival Anak Shaleh Indonesia) dimana BKPRMI Aceh sedang bersiap-siap memberangkatkan Kafilah ke ajang FASI Nasional dengan kekuatan 34 peserta + 6 ofisial pendamping. Kegiatan FASI Nasional XI ini dijadwalkan berlangsung pada 24 s/d 27 Maret 2022 di Jakabaring Sport City, Kota Palembang, Sumatera Selatan.


Terkait FASI (Festival Anak Shaleh Indonesia) lanjut Ketum merupakan kegiatan yang hampir mirip dengan MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran), namun perbedaan besarnya para peserta FASI merupakan santriwan-santriwati TPA yang umumnya berbasis kegiatan di masjid-masjid seluruh Aceh (Indonesia). Adapun cabang yang diperlombakan dalam kegiatan FASI dengan kategori sebagai berikut:


  1. Tingkat TKA Plus (Taman Kanak-Kanak Al-Quran): Tartil Putra, Tartil Putri, Adzan dan Iqamat, Mewarnai Gambar Putra, Mewarnai Gambar Putri, Ceramah Agama Islam Bahasa Indonesia Putra, Ceramah Agama Islam Bahasa Indonesia Putri.
  2. Tingkat  TKA (Taman Kanak-Kanak Al-Quran): Tartil Putra, Tartil Putri, Adzan dan Iqamat, Nasyid Islami, Peragaan Shalat Putra, Peragaan Shalat Putri, Cerdas Cermat Al-Quran, Mewarnai Gambar Putra, Mewarnai Gambar Putri, Ceramah Agama Islam Bahasa Indonesia Putra, Ceramah Agama Islam Bahasa Indonesia Putri.
  3. Tingkat TPA (Taman Pendidikan Al-Quran): Tartil Putra, Tartil Putri, Adzan dan Iqamat, Lagu-lagu Islami (Nasyid), Peragaan Shalat Putra, Peragaan Shalat Putri, Cerdas Cermat Al-Quran, Menggambar Putra, Menggambar Putri, Ceramah Agama Islam Bahasa Indonesia Putra, Ceramah Agama Islam Bahasa Indonesia Putri.
  4. Tingkat TQA: Tilawah Putra, Tilawah Putri, Tahfidh Juz ‘Amma Putra, Tahfidh Juz ‘Amma Putri, Cerdas Cermat Al-Quran, Kisah Islami Putra, Kisah Islami Putri, Kaligrafi Putra, Kaligrafi Putri, Ceramah Agama Islam Bahasa Indonesia Putra, Ceramah Agama Islam Bahasa Indonesia Putri.

Di akhir pertemuan Ketum BKPRMI Aceh dengan perasaan haru mengucapkan terima kasih kepada Gubenur Aceh atas sambutan dan dukungan luar biasanya Pemerintah Provinsi Aceh untuk BKPRMI Aceh, sehingga menambah optimisme segenap pengurus untuk terus beramal mengawal syariat Islam di Aceh. (Cek Man)
SHARE :
 
Top