lamurionline.com -- Banda Aceh – Dai Kota Banda Aceh, Ustaz Husni Suwardi, S.Pd dijadwalkan akan menjadi penceramah Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh melalui Sekretariat Baitul Mal Aceh (BMA) di Masjid Babul Huda, Gampong Seuneubok Padang, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya. 

Kegiatan tersebut akan berlangsung pada Sabtu, 9 April 2022 bertepatan dengan 7 Ramadan 1443 H usai shalat isha yang dilanjutkan dengan tarawih dan witir. 

Selain Masjid Babul Huda Teunom, pelaksanaan tausiah ramadhan tersebut juga akan digelar secara serentak di 54 masjid lainnya yang tersebar di 23 kabupaten/kota di Aceh.

Kepala Sekretariat BMA, Rahmad Raden, Rabu (6/4/2022) mengatakan sesuai arahan Sekda Aceh, tema tim penceramah safari ramadan tahun 1443 H yang digelar Pemerintah Aceh dalam bulan Ramadan ini adalah Mantap BEREH (Gerakan Bersih, Rapi, Estetis dan Hijau) dan GESID (Gerakan Edukasi Vaksinasi Covid).

Ia menjelaskan pelaksanaan safari Ramadan tahun ini dirangkai dengan sejumlah kegiatan. Di antaranya pada Kamis (7/4/2022) sore digelar silaturrahmi dengan mitra sukses setempat dan pemasangan spanduk. 

Sedangkan pada Jumat (8/4/2022) akan diadakan gotong royong bersama di Masjid Babul Huda Teunom. Gotong royong dan penanaman pohon tersebut selain dari tim Sekretariat BMA juga diikuti oleh semua mitra sukses setempat, yaitu Camat dan Kepala Puskesmas Teunom. 

Kemudian Bank Aceh Syariah, BPRS Mustqim, Kepala SMAN 1 Teunom, Imam Masjid Babul Huda, Keuchik Seuneubok Padang dan masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu juga diserahkan sejumlah bantuan, diantaranya tanaman untuk penghijauan, peralatan kebersihan dan alquran.

Selanjutnya pada Sabtu (9/4/2022) pagi dilaksanakan kegiatan GESID (Gerakan Edukasi Vaksinasi Covid) oleh Kepala Puskesmas Teunom. Adapun acara puncaknya berlangsung pada Sabtu (9/4/2022) malam yaitu shalat isha, tarawih dan witir secara berjamaah serta ceramah ramadan yang akan disampaikan oleh dai Kota Banda Aceh, Ustaz Husni Suwardi, S.Pd. 

“Tema ceramah ramadan kali ini adalah “safari ramadan wahana membangun kepedulian masyarakat terhadap kebersihan diri, lingkungan dan pentingnya menjaga persatuan serta waspada terhadap penyebaran omicorn”. Atas nama pribadi dan lembaga kami menghimbau kepada masyarakat setempat untuk ikut serta dan ambil bagian serta bersama-sama mensukseskan kegiatan safari Ramadan Pemerintah Aceh ini,” kata Rahmad Raden.

ia juga mengajak kaum muslimin di manapun berada untuk memperbanyak pahala di bulan suci ini dengan melaksanakan sejumlah ibadah. Bulan Ramadan bukan tentang puasa saja, tapi di dalamnya umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan sunnah lainnya. Karena amalan sunnah di bulan Ramadan akan berpahala seperti amalan wajib di bulan lain.

“Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, karena Allah membukakan pintu-pintu surga dan menutup pintu neraka. Oleh karena itu mari kita manfaatkan momentum ini sebaik mungkin untuk terus beribadah kepadaNya,” pungkas Rahmad Raden.[]

Reportase : Murdani

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top