LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Gampong Lampanah Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar dinobatkan sebagai Gampong Bersyariat dan Berbudaya pada gelaran kegiatan PKS Aceh Besar Award, Minggu (22/5) di Hotel Permata Hati, Banda Aceh.  

Penyerahan piagam dan dana pembinaan diserahkan langsung Ketua DPD PKS Aceh Besar, Hanifullah SPdI pada Rakerda PKS Aceh Besar tersebut dan diterima Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Asy Suhada Lampanah, Drs Sayed Muhammad Husen.

Sementara Ketua BKM Asy-Syuhada Lampanah menyampaikan  syukur alhamdulillah mendapat penghargaan dari PKS atas berbagai upaya masyarakat dan jamaah masjid selama ini. 

"Award yang kami terima adalah  kebahagian bersama  warga Lampanah dan jamaah masjid," katanya. 

Dia menambahkan, pelaksanaan syariat Islam dan budaya islami dalam masyarakat disadari belum optimal, namun dengan dorongan berbagai pihak, pelaksanaannya akan lebih baik di masa-masa akan datang. 

Selama ini, BKM Asy-Syuhada, Remaja Masjid dan pimpinan lima gampong di Lampanah giat memakmurkan masjid, merawat ukhwah islamiah dan melestarikan semangat kebersamaan dalam bermasyarakat. 

"Atas dukungan berbagai pihak, Remaja Masjid Asy-Syuhada mampu menyelenggarakan MTQ antar gampong setiap Ramadhan, santunan anak yatim sepanjang tahun dan aktif meningkatkan jumlah jamaah shalat berjamaah," kata Sayed. 

Hal yang menggembirakan di Lampanah, tak ada lagi praktik judi dalam masyarakat, tak ada yang masak-masak di bulan puasa, dan tak ada lagi praktik syirik. 

"Demikian juga, pengajian anak, kaum ibu dan orang dewasa tetap aktif, sebagai bentuk membangun kesadaran masyarat mengamalkan syariat Islam," pungkasnya.

Gampong Lampanah sendiri terdiri dari lima Gampong dalam satu Kemesjidan, yaitu Gampong Lampanah Tunong, Baro, Dayah, Teungoh dan Ranjo.

Penghargaan award lainnya kategori Tokoh Pelestarian Adat dan Istiadat Aceh Besar diberikan kepada Mantan Ketua Majelis Adat Aceh, H Badruzzaman Ismail SH MHum dan sebagai Tokoh Pembina Ummat diberikan kepada Abi Wahidin serta kategori Keluarga Tangguh Teladan diberikan kepada Dian Huriana.



Selanjutnya, kategori Kelompok Wanita Tani Kreatif diberikan kepada Alawiyah, Tokoh Muda penggerak UMKM diberikan pada Faisal, Tokoh Pemuda Kreatif diberikan pada Hikmah Muliadi dan  Tokoh Perempuan Penggerak Pendidikan Gampong diberikan pada Rahmi Izzati.

Dalam rangkaian rakerda Ketua DPD PKS Aceh Besar, Hanifullah SPdI juga melantik  12 Dewan Pakar PKS Aceh Besar periode 2022 - 2025.

Ke 12 dewan pakar tersebut, yaitu Tgk H Muhammad Taib Lc MAg, Ramli TM SPd, Tgk Mawardi, Nuryana SE, Adnan M Yunus dan Hj Asriah H Ibrahim, Drs Harun Al Rasyid, T.A. Bakar Silang, Tgk Nazaruddin, Tgk Marjani, Tgk Muhammad Amin dan Hafidz Maksum MPd.

Reportase: Husban Adnan

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top