Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Besar Drs Sulaimi MSi


lamurionline.com -- Kota Jantho : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menetapkan status darurat bencana daerah terkait hujan deras yang disertai angin kencang yang melanda Aceh Besar sejak beberapa hari lalu. Ketetapan tersebut dikatakan oleh Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali melalui Sekertaris Daerah (Sekda) Drs. Sulaimi, MSi dalam rapat koordinasi penanganan bencana di Aula Kantor Bupati Aceh Besar, Selasa (31/5/2022).

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut, Asisten I Setdakab Aceh Besar Farhan AP, Kalaksa BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil SSos MSi, Kadis Sosial Aceh Besar Bahrul Jamil SSos MSi, Kepala BPKD Aceh Besar Andrea Syah Putra SE MM, Sekretaris PUPR Aceh Besar T Irfansyah, Kabag Prokopim Zayadinur SSTP, dan pejabat terkait lainnya.

Menurut Sulaimi, dari hasil laporan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ada 202 bangunan yang mengalami kerusakan, 38 rusak berat, 23 unit rusak sedang, sedangkan bangunan yang mengalami kerusakan ringan berjumlah 24 unit.

“Ada 117 unit lainnya tanpa keterangan,” ucapnya.

Sulaimi meminta pejabat terkait, pihak kecamatan, dan personil lainnya untuk selalu stand by dan mendata setiap warga yang terkena dampak bencana, baik kerusakan tempat ibadah, rumah, toko, sekolah, jalan, dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Angin kencang yang terjadi sejak akhir pekan lalu itu, jelas Sekdakab Aceh Besar, menimpa sebagian besar wilayah kecamatan, terlebih pada wilayah pesisir pantai yang mengalami dampak agak serius.

Setelah ada data bencana yang detail, kepada OPD terkait, seperti BPBD dan Dinas Sosial, diharapkan agar menyalurkan bantuan tanggap darurat secara tepat sasaran dan tepat waktu, sehingga dapat membantu warga yang terdampak musibah.

“Mengingat kondisi alam masih ekstrem dalam beberapa hari terakhir, masyarakat jangan panik. Namun selalu berhati-hati dan waspada. Begitu pula untuk masyarakat yang sedang dalam perjalanan, diminta agar waspada karena ancaman pohon tumbang di jalan raya bisa terjadi saat angin kencang bertiup,” tutur Sulaimi.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil SSos MSi dan Kadis Sosial Aceh Besar Bahrul Jamil SSos MSi menambahkan, sejak angin kencang melanda, pihaknya bersama para petugas di lapangan selalu sigap membantu warga yang terdampak musibah.

“Seperti hari ini, begitu mendapat informasi ada pohon yang tumbang di kawasan Meunasah Krueng Kecamatan Ingin Jaya, petugas segera terjun untuk membantu,” pungkasnya. (Cek Man/Muiz/Rel)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top