lamurionline.com -- Aceh Besar : Jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar yang terdiri dari Aparatur sipil negara (ASN) dari berbagai unsur terdiri dari tenaga pendidik, tenaga administrasi, penyuluh, penghulu, pengawas dan ratusan siswa madrasah Selasa (31 Mei 2022) berkumpul di Komplek Madrasah Terpadu Tungkob Kecamatan Darussalam. 

Di antara yang hadir ada yang menggunakan pakaian adat Aceh Ghayeuk linto - dara baro lengkap dengan dua payung kuning. Ratusan ASN dan siswa berjejer di sepanjang komplek madrasah. Tepat pukul 09.30 wib mobil BL 25 A di susul mobil BL 25 LB memasuki pintu gerbang  madrasah di susul para pengiring yang berdatangan dari Kabupaten Aceh Timur dan Kota Banda Aceh. 

Beberapa saat kemudian linto dan dara baro melakukan pengalungan bunga kepada dua sosok yang keluar dari mobil BL 25 LB di susul iringan tarian ranup lampuan. Rupanya itulah Haji Salman Arifin SPd MAg Kakankemenag Aceh Besar yang baru di lantik 18 mei 2022 hadir bersama ketua Dharma Wanita  Rosnidar SAg dan di sambut dengan meriah. Ikut menyambut dan melakukan prosesi peusijuk Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Besar  Asnawi Zainun SH. Prosesi peusijuk sebagai simbol untuk memuliakan dan mendoakan agar sukses mengemban amanah dan menjalankan tugas.

Mewakili seluruh ASN, dalam laporan dan kesan pesannya Kasubbag tata usaha Kankemenag Aceh Besar, H Khalid Wardana SAg MSi menyampaikan ucapan selamat datang kepala Kakankemenag yang baru dan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada H Abrar Zym yang telah mengabdi di Aceh Besar selama 3 tahun 10 bulan. Banyak kenangan dan prestasi yang telah di torehkan semoga menjadi amal ibadah.

Bahkan dalam prosesi tersebut di selingi dengan saling berbalas pantun antara kasubbag tata usaha, Kakankemenag lama dan Kakankemenag yang baru sehingga suasana acara lepas sambut semakin meriah.

Dengan penuh semangat dan penghayatan H Khalid Wardana membacakan bait bait pantun....

Alhamdulillah Allah tapujoe

Nyang poe alamnyoe bandum sineuna

Seulaweut saleum keu nabi tanyo

Muhammad sidroe yang that mulia

Ticem dimeusu ateuh bak panjo

Aneuk beuragoe ateuh bak pala

Acara lepas sambot nibak uronyo

Bak kanto tanyo kementerian agama

Tgk Haji Abrar horeumat kamoe

Nibak uronyo nyang that mulia

Bapak ka 4 thon sajan ngen kamoe

Nibak watee nyoe ka pisah teuma

Meu ireng doa ka uleh kamoe

Moga geutanyoe beujeut syedara

Pat pat na salah meu'ah keu kamoe

Kadang bak meututoe na silap haba

Keu bapak haji Salman Arifin

Horeumat takzim peunoh mulia

Bapak ka tugah jatah pemimpin

Ngon hatee yakin beu Allah ridha

Kota Jantho meuranjo bangunan

Aceh Besar sinan nyan ibukota

Seulamat datang kamoe ucapkan

Kamoe sekalian sambot gembira

Bak kemenag Aceh Rayeuk katroek pimpinan

Bapak Salman nyang that mulia

Seulamat bertugas bagi pengalaman 

Neubi bimbingan keu kamoe dumna

Kamoe teurimong ngon hate lapang

Semoga seunang sinoe keureuja

Abdi negara nyoe pengabdian

Na kemuliaan bidang agama

Segenap peugawe ngen guru sajan

Teuma oeh lheuhnyan na tgk KUA

Teurimong bapak ngen adat reusam

Kemuliaan jamee ban teuka.


Kakankemenag Aceh Besar H Salman Arifin SPd MAg memohon dukungan dari seluruh masyarakat dan jajaran satker kemenag agar berhasil melaksanakan tugas dengan baik, melanjutkan program yang telah berjalan dan akan melakukan berbagai inovasi untuk peningkatan kualitas madrasah, KUA dan Kankemenag secara umum.

Dalam kesempatan tersebut juga di lakukan pelepasan dan peusijuk 13 ASN Kankemenag Aceh Besar yang akan menunaikan ibadah haji.




Seluruh jajaran Kankemenag Aceh Besar mengucapkan terima kasih kepada H Abrar Zym SAg MAg, yang selama ini telah melaksanakan pengabdian terbaik, dan membangun kebersamaan dan kekompakan. Walaupun dalam  jadwal kegiatan yang padat, tetapi tetap memberikan perhatian terhadap kinerja ASN.

"Terima kasih dedikasinya. Kami akan selalu mengenang bapak," ungkap para Kepala Madrasah.

Ia berharap, meskipun sudah bertugas di ibu kota Provinsi Aceh, jangan lupakan kami di pinggiran kota, yaitu Aceh Besar. 

H Akhyar, Kasi Bimas Islam meyakini bahwa pak Abrar Zym nantinya pasti mampu membangun kemitraan terbaik antara Kemenag Kota Banda Aceh dengan Kemenag Aceh Besar.

Menurutnya, Abrar Zym bukan hanya orator dan da'i level kabupaten/kota tapi lebih dari itu, aktif di kancah provinsi, bahkan tingkat nasional.



Lebih lanjut Kasubbag tata usaha H Khalid Wardana meminta Satuan Kerja (Satker) Kemenag Aceh Besar untuk terus solid, bersatu padu  memajukan instansi Kementerian Agama.

Kepada H Salman Arifin SAg MAg, Khalid Wardana mengucapkan selamat datang dan bertugas di Aceh Besar. Saleum teuka di Aceh Rayeuk, nanggroe Aceh Lhee Sagoe seraya membaca pantun " Aceh Besar tiga persegi, kantor bupati di Jantho Kota, Selamat datang Haji Salman kesini, Di tempat baru ini selamat bekerja.  Masjid Tua di Indrapuri, Orang kunjungi banyak wisata, semoga betah bapak disini, memimpin kami dalam bekerja".

Semoga Kemenag Aceh Besar makin besar dan berkembang, dengan dukungan dan potensi ASN yang luar biasa, di dukung pengalaman dan jam terbang yang luar biasa  kami yakin Pak Salman tentunya akan mampu membawa Kemenag Aceh Besar lebih jaya", ungkap Khalid Wardana, mantan keuchik teladan Aceh.

Kepala Kantor Kemenag Kota Banda Aceh yang sebelumnya menjabat Kakankemenag Aceh Besar H Abrar Zym  mengatakan baginya kerja adalah ibadah, apalagi sudah digaji pemerintah, tentu harus amanah menjalankan tanggung jawab.

"Tidak ada alasan tidak berbuat baik untuk masyarakat, bangsa dan negara" sebut Abrar Zym.

Selama kepemimpinan Abrar Zym, Kemenag Aceh Besar dan ASN telah menorehkan berbagai prestasi.

"ASN dan pelajar madrasah kita banyak yang hebat dan berprestasi, tapi yang disebut dan dipanggil ke atas untuk menerima hadiah adalah saya," ungkap Haji Abrar sambil bercanda.

Ia mengaku bahagia atas  kinerja ASN Kemenag Aceh Besar selama ini. Pertahankan yang ada dan raih prestasi yang lebih baik.

Sementara itu, Kakankemenag Aceh Besar, H Salman Arifin SAg MAg mengatakan Aceh Besar wilayahnya sangat besar, maka sangat dibutuhkan hubungan silaturahmi internal instansi dalam bekerja.

"Mari saling dukung, demi kemajuan Kemenag Aceh Besar," ajak Salman Arifin, yang sebelumnya pernah bertugas di Kota Lhokseumawe, Sabang, Sinabang, Aceh Tenggara dan  Aceh Timur.

Ia berharap silaturahmi yang telah dirangkai dan dibangun H Abrar Zym dapat berjalanan hingga masa kepemimpinannya.

"Jika saya mampu, akan saya perbaiki. Jika tidak mampu, saya akan pertahankan yang telah dilakukan Abrar Zym selama ini," tegas Salman Arifin.

Kepada ASN Kemenag Aceh Timur, ucap Salman, terima kasih yang meluangkan waktu dan tenaga untuk mengantarnya ke Aceh Besar. 

"Ini menjadi motivasi awal bagi saya untuk berkerja di Aceh Besar," ungkap Salman.

Kepada panitia, tegas Salman, penyambutan ini suatu kemulian. Ketika sudah dimuliakan, maka harus mampu bersikap sebagaiamana telah dimuliakan, karena ini beban moral yang wajib dijaga.

Kegiatan lepas sambut turut dihadiri sesepuh Kemenag Drs Salahuddin MPd, pejabat Kemenag Aceh Besar, Aceh Timur dan Banda Aceh, kepala madrasah, kepala KUA, Guru, penghulu, pengawas, penyuluh, dan ASN lainnya.

Kegiatan di akhiri dengan kenduri kuah beulangong yang menjadi ciri khas masyarakat Aceh Ghayeuk. (Cek Man)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top