lamurionline.com -- Aceh Utara : Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh melalui Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam (Kabid PAI) dan LPTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh selaku Pelaksana Kegiatan Program Pelatihan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam (PPG PAI) melakukan pertemuan membahas tentang Koordinasi Penyelenggaraan PPG yang dibiayai oleh APBK Kabupaten Aceh Utara pada hari, Selasa 31 Mei 2022 yang bertempat di Ruang Rapat SMP Pupuk Iskandar Muda (SMP PIM) Aceh Utara. 

Jadwal semula pertemuannya direncanakan berlangsung di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara yang terletak di Kota Panton Labu, tetapi kegiatan tersebut dipindahkan ke SMP Pupuk Iskandar Muda, hal ini dikarenakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara sedang melakukan pertemuan disekolah tersebut dengan para Kepala Sekolah dalam wilayah Kabupaten Aceh Utara.

Rapat Koordinasi dipimpin oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara H. Jamaluddin, S.Sos., M.Pd, juga turut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Razali, M.Pd., Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dr. Irhamni, M.Ag., Kepala Bidang Sarana Prasarana (Kabid Sarpras) Herman, S.Pd., M.Pd dan Pengawas PAI Syarifuddin, S.Pd.I., M.Pd, sementara dari unsur Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara dihadiri oleh Kankemenag: Drs  H. Maiyusri dan Kasie PAI Sabaruddin, S.Ag, M. Sos

Dalam Rapat Koordinasi tersebut  mewakili unsur Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh dihadiri oleh: An. Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam (Kabid PAI) yang diwakili oleh Kabid Pada Pondok Pesantren; Dr. H. Muntasyir, S.Ag., MA, Perencana Madya Bidang PAI: Nuraidah, SE, Staf Bidang PAI Safwadi, A. Md. menurut  Dr. Muntasyir. S.Ag., MA.

Rapat Koordinasi tersebut sangat penting dilakukan karena masih sangat banyak guru-guru PAI SD dan SMP dan SMA/SMK di sejumlah Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh terutama di Kabupaten Aceh Utara yang belum mendapatkan Sertifikat pendidik sebagai guru profesional, hal ini sangat dibutuhkan perhatian dari Pemda Setempat dengan memberikan bantuan dana pembinaan agar mereka dapat mengikuti Program Profesi Guru (PPG) yang dilaksanakan oleh LPTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh kepada para guru PAI SD dan SMP sedangkan untuk guru SMA/SMK ditangani oleh Dinas Pendidikan Provinsi Aceh.

Mewakili LPTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh di hadiri oleh Ketua Akademik PPG PAI: Dr. Saifullah Maysa, S.Ag., MA, unsur Panitia PPG: Dr. Muzakir, M.Ag dan Hanafiah, M.Ag.


Menurut pemaparan Dr. Saifullah, S.Ag., MA pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama Republik Indonesia sudah memberikan kepercayaan yang sangat besar kepada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh) Khususnya Prodi PPG sebagai Pelaksana kegiatan  Program Profesi Guru (PPG) yang pesertanya dipercayakan berasal dari berbagai provinsi di Indonesia seperti; Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, Lampung, namun terutama sekali para guru PAI dan guru Madrasah di Provinsi Aceh. 

Hal ini sangat memberikan kemudahan bagi para guru PAI di Aceh karena kegiatan PPG dapat di ikuti di LPTK UIN Ar-Raniry yang berada di Ibukota Provinsi Aceh. Namun kegiatan ini akan dapat terlaksana berkat dukungan dana yang diberikan oleh Pemdakab Aceh Utara melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sehingga LPTK UIN Ar-Raniry dapat menugaskan para dosen sebagai Instruktur PPG PAI yang sesuai dengan bidang keahliannya dan juga para guru Pamong yang sangat profesional dengan keahliannya yang juga berasal dari berbagai sekolah di Aceh.

Dari hasil rapat Koordinasi tersebut, Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Aceh Utara melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan berusaha menampung persoalan pembiayaan PPG bagi guru PAI yg lulus Pretes tahun 2019 untuk mendapat bantuan pioritas tahun 2022 ini (Batch:2) dan juga utuk guru PAI yang lulus Pretes tahun 2022 ini akan diikutkan PPG secara bertahap ditahun 2023 dengan bantuan biaya dari Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Utara. 

Komitmen ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara  H. Jamaluddin, M.Pd karena menurut beliau dan jajarannya para guru Pendidikan Agama Islam juga bagian dari keluarga besar guru-guru bidang studi lainnya yang bernaung di bawah binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara.

(Editor: Dr. Saifullah Maysa, S.Ag., MA)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top