LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Tahun baru Islam atau 1 Muharram 1444 Hijriyah bertepatan pada 30 Juli 2022 Masehi. Forum Ukhuwwah TKQ-TPQ-TQA se Kecamatan Indrapuri dan Kuta Cot Glie, Aceh Besar menggelar pawai untuk memeriahkan tahun hijriah tersebut, Minggu (31/8) pagi yang berpusat di Lapangan Indra Alam Indrapuri. Kegiatan pawai turut dimeriahkan dengan penampilan marching band dari SMA N 1 Indrapuri. 

Ketua Forum Ukhuwwah sekaligus Ketua Panitia, Ahmad Afdhil SE menyebutkan pawai diikuti oleh santriwan dan santriwati dari 17 TPA/TPQ yangtelah mendaftar dan ikut serta dari Kecamatan Indrapuri dan Kuta Cot Glie.

"Sekitar 800 peserta dari TPA dan TPQ yang mendaftar dan ikut serta pada pawai ini, dimana dua tahun kita vakum karena kondisi pandemi Covid 19," kata Afdhil dalam wawancara dengan media. 

Ke 17 TPA tersebut yaitu, TPQ At Taqwa Lampupok, Tgk Chiek Lamjame Mesalee, Baburridha Lam Ilie, Al-Amin Lamleubok, Jabal Nur Aneuk Glee, Tgk Chiek Empee Trieng, Al Kausar, Babul Jannah Lingom, Tgk Chiek Lamreh, Faza Al-Khalil, Al-Muta’alim Seuot Baroh, Babussalam Jruek, Tanjung Karang Lheu-Cureh, Az-Zikra Mureu, Darul Mustafa Mureu Bung U, Nurul Hidayah Mon Alue dan Kemasjidan Ie Alang

Afdhil menyebut indikator penilaian dalam pawai itu ialah memasang spanduk/tema, kreatifitas peserta, kekompakan dan kerapian barisan, berbusana muslim dan tertib lalu lintas.

Sebelum pawai digelar, Forum Ukhuwwah sebut Afdhil juga sudah mengadakan aneka lomba,seperti lomba azan, tartil, tahfiz, shalat jenazah, puisi tasi Al Qur’an, menyusun huruf hijaiyah dan lacak tokoh, dimana juaranya akan diumumkan usai pawai.









Anggota DPRK Aceh Besar, Dr Yusran Yunus SPdI MA yang turut hadir pada pawai akbar itu mengapresiasi kegiatan yang digelar forum ukhuwwah Indrapuri dan Kuta Cot Glie sebagai upaya bagi generasi muda mengingat tahun baru Islam. DPRK Aceh Besar selaku bagian dari pemerintah sebut Yusran, tetap mendukung setiap kegiatan yang dilakukan untuk kemaslahatan ummat

“Negeri ini harus dipimpin oleh generasi islami. Di tangan adek-adek inilah negeri ini akan mulia jika generasi yang memimpin ke depan merupakan generasi yang punya ilmu agama. Mari kita dukung bersama, bahu membahu untuk kebaikan dan syiar Islam” ujar Yusran, anggota Komisi II DPRK Aceh Besar ini.


Pawai akbar perayaan 1 Muharram yang dibuka Camat Indrapuri, Irda Junaidi SE MM didampingi Camat Kuta Cot Glie, Imam Munandar STP tersebut mengambil rute dari Lapangan Indra Alam Indrapuri- Jalan Pasar Lama - jembatan Indrapuri - peukan baro - melewati masjid besar Abu Indrapuri dan finish kembali ke lapangan Indra Alam Indrapuri.

Turut hadir Anggota DRPK, Hanifullah SPdI, Firdaus SE, Kasi Penmad Kemenag Aceh Besar, Suryadi SAg, Kasubbag TU Kemenag Aceh Besar, H Khalid Wardana SAg, Kepala KUA, camat Indrapuri dan Kuta Cot Glie, pengurus Ippemindra dan forum ukhuwah, perwakilan TPA se Kecamatan Indrapuri dan Kuta Cot Glie, koramil, polsek, sejumlah keuchik serta tokoh masyarakat

Liputan: Herman/Abrar

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top