LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Dayah Tgk H Ahmad Ibnu Umar di Gampong Lampupok Kecamatan Indrapuri,  Aceh Besar menggelar serangkaian perlombaan pada momentum peringatan 1 Muharram 1444 H. Serangkaian perlombaan itu digelar selama 10 hari, sejak tanggal 20 Juli hingga 30 Juli 2022 dalam Musabaqah Qira'atul Kutub (MQK) Ke-IV 2022 dengan tema "Melalui MQK Kita Tingkatkan Kemampuan Santri Untuk Bersinergi dalam Membangun Peradaban Negeri"

Ketua panitia acara tersebut, Putra Angkasah didampingi Sekretaris, Adil Azrial Akbar, Sabtu (30/7) pada malam penutupan kegiatan mengatakan, ada 15 cabang yang diperlombakan pada kegiatan ini yakni, cabang baca kitab Bajuri Jilid 1, baca kitab Jam’ul Jawamik, baca kitab Ghayah Wa Taqrib, baca kitab Akhlak, hafalan kitab Awamel,  hafalan kitab Bina Wa Asasin, hafalan jauharah tauhid, hafalan I’tikad 70, hafalan surat pendek, hafalan doa harian, hafalan nasab Nabi, azan, khutbah jumat, pidato bebas dan cerdas cermat.

“Peserta perlombaan diikuti oleh seluruh santriwan dan santriwati dayah setempat, yang dinilai dewan juri, usai penutupan dan pembacaan SK, pemenang akan diberikan penghargaan,” kata Putra Angkasah seraya berterimakasih atas dukungan berbagai pihak.

Koordinator Dewan Hakim, Tgk Sabri Zulkarnen di sela pembacaan SK pemenang mengatakan, kegiatan ini digelar untuk menguji sejauh mana kualitas dan mental para santriwan dan santriwati dalam menguasai imu pengetahuan yang diperoleh selama di balai pengajian tersebut. Selain itu juga dibacakan daftar juara umum untuk balai pegajian (balee beut-red) berdasarkan kriteria jumlah peserta terbanyak, peserta tampil terbanyak, teraktif mengaji dan teraktif berjamaah






Sementara Pimpinan Dayah Tgk H Ahmad Ibnu Umar Al-Aziziyah, Waled Aidil M Sufi SHi, mengapresiasi kegiatan MQK ini sebagai bagian dari pembentukan karekter dan keberanian para santri

"Atas suksesnya digelar acara ini, saya selaku pimpinan dayah mengucapkan terima kasih banyak kepada panitia penyelenggara, harapan saya kepada para santri yang meraih juara lomba agar menjadikannya sebagai pondasi awal untuk berkompetisi pada even-even berikutnya,” kata Waled Aidil. 

Sebelum pembagian hadiah lomba, kegiatan juga diisi dengan ceramah 1 Muharram oleh Tgk Syahbuddin yang mengulas tentang pentingnya menuntut ilmu agama sebagai bekal di hari akhirat. Tgk Syahbuddin juga mengajak kepada yang hadir dengan momentum muharram agar lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Swt. 

Hadir pada kegiatan itu, sejumlah tokoh dayah, keuchik se Kemesjidan At Taqwa Lampupok, pengurus Ippemindra dan tamu undangan lainnya.

Liputan: Cek Abrar

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top