lamurionline.com -- Banda Aceh – Penutupan debat Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA/ SMK sekota Banda Aceh memperebutkan piala bergilir Kepala Kantor Kementerian Agama Banda Aceh di Aula Kantor Kementerian Agama Banda Aceh akhirnya selesai, Kamis (08/09/2022).

Kegiatan tersebut ditutup secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Banda Aceh H Abrar Zym, S.Ag MH. 

H Abrar dalam arahannnya menyampaikan lomba debat PAI adalah lomba yang diperuntukkan kepada anak-anak yang pintar, tentunya mereka yang cerdas dan mempunyai pengetahuan tentang Agama Islam. 

Dalam al-Quran Surat al-Zumar ayat 18 Allah SWT menyampaikan ciri-ciri orang yang cerdas yaitu orang-orang yang mau mendengarkan kebaikan, mendengarkan ayat-ayat suci Al-Quran, Hadits-hadits shahih, nasehat orang tua dan guru, kalau mau dengar, itu orang yang cerdas.

Ciri kedua orang yang cerdas dia ikuti mana yang baik dari yang ia dengar, mereka itu terus meminta petunjuk Allah SWT.

“yang juara jangan sombong, yang belum menang jangan pula putus asa, jangan takut bila tiada, dari tiada bakal ada, jangan bangga bila berada, karena yang ada akan sirna” Ujar Abrar. 

Ia menambahkan tetap terus berusaha, tetap berbangga, tetap menuntut ilmu dengan baik.

“Tetap terus berusaha, tetap terus berbangga, tetap terus menuntut ilmu dengan baik, apalagi ini ilmu agama”


“Hidup dengan agama terarah, hidup dengan ilmu tidak susah, hidup dengan keterampilan mudah, hidup dengan seni indah, hidup dengan cinta bergairah” tutup Abrar mengutip kata-kata filsuf Islam Imam Al-Faraby. 

Pada hari kedua, mempertandingkan babak semifinal perebutan juara 1 atau 2 dan juara 3 atau 4.

Kegiatan yang dilakukan Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kemenag Banda Aceh berlangsung meriah.

Ikut dalam kegiatan ini sebanyak 25 SMA/SMK sekota Banda Aceh dengan mengusung tema “Sportif berkompetisi raih prestasi, Syiarkan Nilai-nilai Keislaman yang damai seimbang dan toleran”  

Keluar sebagai juara I SMK 5 Banda Aceh, sementara juara 2 SMA 4 Banda Aceh. 

Sedangkan SMA 2 Banda Aceh berada di peringkat tiga dan SMA 1 Banda Aceh harus puas di posisi ke 4. 

Para juara diberikan piala tetap, sertifikat, uang pembinaan dan piala bergilir Kepala Kantor Kementerian Agama Banda Aceh.

Kegiatan ini direspon baik Hamdani, S.Pd.M.Pd Kabid SMA Dinas Pendidikan Aceh

“Kegiatan seperti ini sangat positif, apalagi melibatkan pelajar dengan memperdebatkan mosi yang saat ini banyak diperdebatkan oleh kaum muda, kami apresiasi kegiatan ini, ke depan ditambahkan mosi tentang Qiraah Sab’ah seperti yang dibacakan tadi oleh Ust Zamni Yunus, MA” katanya yang hadir mewakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh. (Heri)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top