LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - TP-PKK Gampong Jantho Makmur Kecamatan Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar aktif melaksanakan arisan bulanan sebagai ajang komunikasi dan silaturrahmi ibu-ibu di gampong tersebut. "Biasanya diisi dengan pengajian wirid yasin dan aneka ketrampilan" demikian disampaikan Suryani Sabri, Ketua TP- PKK Gampong Jantho Makmur, Selasa (20/09) kepada media ini

Sebagai salah satu Gampong Demokrasi yang telah dipilih dan diluncurkan oleh Bawaslu atau Panwaslih Kabupaten Aceh Besar pada tanggal 25 Agustus 2022 yang  lalu, Gampong ini terus berbenah dengan kegiatan kegiatan yang mendukung dalam hal mengawal demokrasi, termasuk salah satu agenda dari arisan ibu-ibu PKK ini menyelipkan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipasi pemilu bagi perempuan. 

Hadir sebagai pemateri pada kegiatan Koordinator divisi Pengawasan, Humas, dan Hubal Panwaslih Kabupaten Aceh Besar, Nurhidayati yang memberikan semangat kepada ibu-ibu TP- PKK Gampong Jantho Makmur agar terus bisa optimal berperan dalam mengawal demokrasi. 

Peran strategis perempuan dalam pengawasan partisipatif pemilu, sebutnya sangat mendukung terwujudnya pemilu yang berkualitas dan bermartabat, menjadi pemilih cerdas yang tidak hanya datang ke TPS untuk coblos saja, tapi juga bisa mengamati situasi yang ada jika terjadi pelanggaran berani melaporkan atau minimal mengingatkan sesama agar anti politik uang dan turut serta mencegah terjadinya potensi pelanggaran pemilu. 

Nurhidayati mengapresiasi giat dan inisiatif ibu-ibu pada arisan ini, ditengah kesibukan mereka dengan berbagai latar pekerjaan yang pada umumnya pegawai negeri, dapat berkumpul setiap bulannya pada sore hari setelah selesai aktifitas,  karena hal ini senada dengan program yang telah dicanangkan oleh Panwaslih Kabupaten Aceh Besar dalam pembentukan Gampong demokrasi dimana setelah terbentuknya Gampong demokrasi diharapkan adanya kebersinambungan giat-giat dalam edukasi masyarakat terkait demokrasi ini sehingga lahir aktor dan kader penggerak pengawasan pemilu partisipatif ditengah-tengah masyarakat. 

Nurhidayati juga mengingatkan tentang netralitas ASN agar integritas pemilu juga berjalan dengan baik. Ia berharap dari Gampong Jantho Makmur sebagai Gampong Demokrasi ini, giat dari segala elemen masyarakatnya baik pemuda, tokoh masyarakat dsb terus ber kelanjutan dalam mengawal pesta demokrasi tahun 2024 nanti.*

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top