lamurionline.com -- Aceh Besar : Madrasah Aliyah Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB) melalui Program Sosial Bank Indonesia melakukan Launching dan Panen perdana Ikan Air Tawar dana bantuan dan binaan Bank Indonesia (BI) tahun 2021 pada Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa yang dilaksanakan pada kamis, 13/10/2022.

Dalam upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, Bank Indonesia memiliki peran sebagai Akselerator, Inisiator, dan Regulator atau yang sering di singkat dengan AIR. Sebagai Akselerator Bank Indonesia berkoordinasi dengan stakeholder dalam rangka mendorong percepatan program ekonomi dan keuangan syariah antara lain halal value chain, kurikulum ekonomi syariah dan kampanye ekonomi dan keuangan syariah di level daerah, nasional maupun internasional. Sebagai Inisiator Bank Indonesia memprakarsai inovasi program pengembangan ekonomi syariah antara lain pengembangan Islamic Social Finance dan pemberdayaan ekonomi pesantren. Adapun sebagai Regulator Bank Indonesia merumuskan dan menerbitkan ketentuan sesuai kewenangan yang dimiliki.



Di Aceh sendiri kantor perwakilan Bank Indonesia provinsi Aceh secara konsisten telah melaksanakan berbagai program pengembangan ekonomi pesantren sejak tahun 2017 hingga tahun 2022, terdapat 25 pesantren/dayah binaan Bank Indonesia dengan unit bisnis yang berbeda-beda.

Pada tahun 2021 Bank Indonesia memilih pesantren Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB) sebagai salah satu pesantren binaan dalam program pengembangan ekonomi. Melalui Program Sosial Bank Indonesia, Bank Indonesia mendorong RIAB untuk mengembangkan sektor potensial yang dimiliki salah satunya Budidaya Ikan Air Tawar. Melalui Kepala Tim Implementasi Kelompok Perumusan Kajian Ekonomi dan Keuangan Daerah Bank Indonesia (BI) Aceh Ibu Lenny Novita, menyampaikan optimis dan Bank Indonesia serius mendorong kemandirian pesanteren di Aceh.

“Alhamdulillah launcing panen perdana ini berjalan dengan lancar dan Program ini diharapkan dapat mendukung program kemandirian ekonomi RIAB sehingga dapat menjadi stimulus dalam mencapai tujuan dan sasaran dari pesantren”. Pungkas ibu Lenny

Turut hadir dalam kegiatan Launching dan Panen perdana Ikan Air Tawar binaan BI tersebut, diantaranya Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Besar H Salman Arifin, M.Ag., Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Aceh Teuku Amir Hamzah, Kepala Tim Implementasi Kelompok Perumusan Kajian Ekonomi dan Keuangan Daerah BI Aceh Ibu Lenny Novita dan Tim, Pemimpin Bank Aceh Cabang Banda Aceh Muhammad Hendra Supardi, Pemimpin Bank Aceh KCP Diponegoror Banda Aceh Bapak H. Anwar Zainal, Lc. Dan Tim, Konsultan Bank Indonesia perwakilan Aceh Ustaz Faisal Yunus dan Muhammad Riza Nurdin, kemenag Aceh Besar H. Salman Arifin, M.Ag., ketua IKAT Aceh H. Muhammad Fadhillah, Lc., M. Us., Ketua Dewan Pengurus harian Yayasan RIAB Bunda Hj. Khairiah Elida, ketua dewan pengawas Yayasan RIAb Dr. Hasan Yacob, MM., sekretaris Yayasan RIAB Khairul Azhar, M.Si, Direktur RIAB Kusnadi, S.Ag, dan para wakil, Bapak kapolsek Darul Imarah, Bapak Danramil Darul Imarah, geuchik desa Gue Gajah dan seluruh Civitas Akademika RIAB.

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top