lamurionline.com -- Banda Aceh -- Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Aceh melakukan penyuluhan Kesehatan Reproduksi (Kespro) Goes to Dayah. “Kegiatan ini dalam rangka mendukung program Pemerintah Kota Banda Aceh mengatasi stunting dan masalah kesehatan di lingkungan dayah,” ungkap Direktur PKBI Aceh, Eva Khovivah, SH.  

Kegiatan yang diformulasikan Kespro Goes to Dayah, berawal dari pembicaraan jajaran PKBI Aceh saat melakukan audiensi dengan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Banda Aceh, Muhammad, S.Sos, MM tanggal 5 Desember 2022 lalu. Dalam kesempatan tersebut, Muhammad mendukung PKBI Aceh melaksanakan program penyuluhan kesehatan di lingkungan dayah di Banda Aceh. “Teknis dan jadwal pelaksanaannya dikomunikasikan langsung dengan pimpinan dayah,” kata Muhammad.  


Eva Khovivah menjelaskan, kegiatan perdana Kespro Goes to Dayah  dilaksanakan di Dayah Darul Mufadzal Al Aziziyah, Selasa, (10/1/2023), dengan menghadirkan narasumber yang profesional di bidangnya, yaitu dokter dan mahasiswa kedokteran. “Untuk pojok layanan kesehatan di lingkungan dayah PKBI juga memiliki klinik kesehatan dan gigi,” katanya.

“Ikhtiar PKBI Aceh membantu pemerintah dalam penyuluhan pola hidup bersih dan sehat, pemeriksaan gigi, dan pemeriksaan kesehatan santri dayah patut diapresiasi,” ungkap Kabid SDM dan Manajemen Dinas Pendidikan Dayah Banda Aceh, Muhammad Syarif, SHI, MH. 

Menurut Syarif, apapun upaya untuk kemaslahatan santri dayah harus mendapat dukungan berbagai pihak, apalagi kegiatan tersebut  sesuai dengan kebijakan nasional gerakan aksi gizi remaja di lingkungan sekolah dan dayah. “Kegiatan semacam ini patut terus dilaksanakan di dayah, karena sangat bermanfaat dan menambah wawasan baru di bidang kesehatan,” pungkas Syarif. (Sayed M. Husen)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top