lamurionline.com -- Kota Jantho – Operasi Pasar tabung gas elpiji 3 kg di hari ketiga setelah Lebaran Idul Fitri yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melalui Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (Diskopukmdag) Kabupaten Aceh Besar, bekerjasama dengan PT. Pertamina Perta Niaga di Pasar Seulimuem membeludak, Jum’at (28/4/2023).

Pemkab Aceh Besar menggelar operasi pasar selama 15 hari di 14 kecamatan di wilayah Kabupaten Aceh Besar, dan hari ini merupakan hari ketiga operasi pasar yang dilakukan oleh Pemkab Aceh Besar di Kecamatan Seulimuem, namun operasi pasar tabung gas elpiji 3 kg hari ini di pasar Seulimuem berbeda dengan kemarin di Sukamakmur dan Kuta Cot Glie.

“Hari ini di pasar Seulimuem masyarakat yang ingin membeli gas elpiji 3 kg lebih banyak dari kemarin di Pasar Sibreh dan Pasar Keumireu,” ujar Darmansyah.

Ia menambahkan ada kurang lebih 500 tabung gas elpiji yang disediakan pada operasi pasar di Pasar Seulimuem dengan harga 18.000/tabung, dan berharap semoga tabung gas ini benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat Seulimuem.

“Gas elpiji 3 kg ini disubsidi hanya untuk masyarakat yang ber-KTP Seulimuem, semoga tabung gas elpiji 3 kg dapat bermanfaat bagi masyarakat dan kami berharap agar para ASN, pejabat, dan lain sebagainya yang berada diruang lingkup Aceh Besar supaya menggunakan tabung gas non subsidi atau tabung gas elpiji 12 kg,” pintanya.

Selanjutnya Darmansyah mengatakan, sebelumnya Pj Bupati Aceh Besar juga telah mengimbau agar ASN di Aceh Besar tidak lagi memakai gas subsidi 3 kg dan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang disubsidi oleh pemerintah, karena mengingat tabung gas elpiji 3 kg yang masih sangat terbatas, sehingga dengan kita menggunakan gas non subsidi atau gas 12 kg dapat sedikit membantu masyarakat yang kurang mampu.

“Selama ini Pemkab terus melakukan sosialisasi kepada pangkalan dan agen agar tidak, menimbun dan menjual kepada elit atau pejabat, serta tidak menjual di atas Harga Eceran Tinggi (HET) yang telah ditentukan, jika tidak mendengar setelah diberi peringatan, maka tim yang telah dibentuk oleh pemkab akan memberikan sanksi yang tegas kepada para pelanggar,” tegas Darmansyah.

Lebih lanjut, Kadiskopukmdag Aceh Besar itu berharap agar kegiatan operasi pasar di Seulimuem hari ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Seulimuem, dan kepada PT. Pertamina Perta Niaga berucap terimakasih atas kolaborasinya, dan diharap jyga kerjasama ini terus terjalin tanpa ada kata akhir.

“Terimakasih PT. Pertamina Parta Niaga atas kolaborasinya selama ini, semoga kerjasama ini terus terjalin tanpa ada kata akhir, sehingga dengan kolaborasi ini dapat membantu meringankan beban masyarakat Aceh Besar dalam kegiatan yang kita selenggarakan,” tutur Darmansyah.

Beberapa warga yang rela mengantri mengaku adanya operasi pasar ini sangat membantu masyarakat, menurut dia dengan adanya operasi pasar ini membantu dirinya dan para warga lainnya karena saat ini harga gas elpiji 3 kg yang dijual eceran sangat mahal bahkan 2 kali lipat dari harga pangkalan.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya operasi pasar ini, kami doakan semoga operasi pasar ini terus berlanjut untuk membantu kami,” ujar Hamidah (43) warga Seulimuem yang turut antri di pasar khusus itu.

Selain itu Nursyiah (41) yang merupakan ibu rumah tangga, yang juga membeli gas elpiji 3 kg mengatakan dengan adanya kegiatan seperti ini dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan dapur dengan harga yang miring.

“Operasi pasar ini bisa membantu masyarakat yang kesulitan mencari gas elpiji 3 kg dengan harga yang agak murah,” ujarnya.

Sementara itu, Haikal (36) yang merupakan kepala rumah tangga yang juga membeli gas elpiji 3 kg pada operasi pasar tersebut, menyampaikan harga gas elpiji 3 kg pada operasi pasar ini sangat murah dan jauh lebih murah dari harga yang kita beli di kios atau kedai, tapi sayang kuponnya terbatas, sehingga ada warga yang tidak mendapatkan kupon.

“Semoga kedepan tersedia kupon dan stok yang lebih banyak, agar semua masyarakat punya kesempatan untuk membelinya,” pintanya.

Dia mengharapkan operasi pasar seperti ini bisa terus diadakan sehingga para penampung atau penjual eceran tidak berani lagi menjual gas elpiji 3 kg diatas HET.

“Semoga kedepannya kegiatan seperti ini terus ada, jika bisa lebih banyak lagi lokasinya dan diadakan sebulan sekali, agar adanya pemerataan, dan semua masyarakat bisa membeli dan merasakan kemiringan harga gas elpiji 3 kg dan tidak ada lagi yang berani menimbun serta menjual dengan harga yang jauh lebih mahal dari harga HET,” pungkas Haikal.

Operasi pasar tersebut dihadiri Pihak PT. Pertamina Parta Niaga, Kepala Diskopukmdag Aceh Besar Ir. Darmansyah, ST, MSi, Anggota DPRK Aceh Besar Ridha Hidayatullah, SHI, MH, Sekcam Seulimuem.(Cek Man/*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top