* Selasa Malam Besok Penutupan

Rapat pleno dewan hakim membahas hasil STQ di seluruh majelis atau arena dan juga persiapan-persiapan penutupan, di Gedung BPMP Aceh, di Gampong Niron, Kecamatan Sukamakmur, Senin (1/5/2023). FOTO/ MC ACEH BESAR

lamurionline.com -- Kota Jantho – Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Kabupaten Aceh Besar Tahun 2023 yang diselenggarakan di sembilan arena atau lokasi diwilayah Aceh Besar telah berakhir, dengan menghasilkan 168 orang juara dari 24 cabang STQ yang diperlombakan.

Pengumuman dan pembagian hadiah sekaligus penutupan akan dilangsungkan di arena utama STQ Aceh Besar? Komplek Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh, Gampong Niron, Kecamatan Sukamakmur, Selasa (2/5/2023) malam.

Ketua panitia pelaksana STQ Aceh Besar Farhan AP melalui Kepala Bidang Peribadatan dan Pengembangan Sarana Keagamaan Dinas Syariat Islam Aceh Besar, Edy Muchlis SE, mengatakan perlombaan pada seluruh cabang STQ Aceh Besar tahun 2023 telah selesai semua pada sore pukul 18.00 WIB hari minggu kemarin di sembilan arena atau lokasi yang telah ditentukan.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan sesuai jadwal dan sukses tanpa kendala,” tuturnya, Senin (1/5/2023).

Ustad Edi menjelaskan kegiatan STQ Aceh Besar Tahun 2023 memakai sistem satu babak atau tanpa adanya final, juara diambil dari hasil rangking tertingi masing-masing cabang dan golongan. “Ini kan seleksi, kita memakai sistim satu babak saja, tanpa final, jadi juara diambil dari hasil rangking tertinggi masing-masing cabang dan golongan,” jelasnya.

Selanjutnya Ustad Edi juga mengatakan total peserta seluruhnya pada STQ tersebut berjumlah 533 orang dari utusan 23 kecamatan se-Aceh Besar, dan dari 533 peserta STQ ini menghasilkan 168 orang juara, dengan rincian masing-masing cabang dan golongan dipilih 3 orang juara yaitu juara 1, juara 2 dan juara 3.

“Alhamdulillah STQ tahun ini menghasilkan 168 juara dari 24 cabang STQ yang diperlombakan, dengan rincian masing-masing cabang menghasilkan 3 juara,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ustad Edi mengatakan usai seleksi sebelum penutupan tidak ada agenda selain rapat pleno dewan hakim membahas hasil STQ diseluruh majelis atau arena, dan untuk besok juga tidak ada kegiatan apapun bagi peserta, kecuali kegiatan kepanitiaan yang akan mempersiapkan penutupan STQ di BPMP Aceh.

“Perlombaan telah selesai kemarin, hari ini hanya rapat pleno dewan hakim, besok juga hanya kegiatan kepanitiaan, Acara penutupan sekaligus pengumuman hasil Seleksi Tilawatil Quran Aceh Besar 2023 dan pembagian hadiah untuk para juara dimulai pada hari selasa ba’da isya,” tuturnya.

Ustad Edi juga berharap, agar semua stakeholder yang ada di Aceh Besar baik itu Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau Camat dan juga orang tua dari peserta agar meramaikan acara penutupan STQ Tahun 2023 di Komplek Gedung BPMP Aceh, di Gampong Niron, Kecamatan Sukamakmur pada hari Selasa 2 Mei 2023 ba’da Isya.

“Kepada semua komponen masyarakat mari ramaikan acara penutupan sekaligus pengumuman hasil STQ 2023 dan pembagian hadiah untuk para juara pada besok malam, di Komplek BPMP Aceh,” pungkasnya.(Cek Man/*)

SHARE :
 
Top