LAMURIONLINE.COM | ACEH UTARA - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh Kelompok 155 yang dibimbing oleh Dr. Nasruddin, S.P., M.Si  mengadakan Kelas Literasi untuk anak-anak Gampong Ie Tarek II Kecamatan Simpang Keramat Kabupaten Aceh Utara selama satu bulan kedepan di Meunasah Gampong tersebut

Kelas Literasi ini diadakan karena di lingkungan gampong tersebut terlihat masih minimnya pengetahuan literasi baik itu dari segi anak anak terhadap membaca, menulis maupun berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Kegiatan  ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran terhadap literasi dan merangsang minat dalam  membaca, menulis dan berbahasa indonesia bagi anak-anak gampong Ie Tarek II.

Siti Nurhaliza selaku salah satu mahasiswa yang mengajar dikelas literasi  mengatakan bahwa masih banyak anak-anak di Gampong Ie Tarek II yang literasinya masih rendah baik dari kelancaran dalam membaca, kelancaran dalam menulis maupun dalam berbicara Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

"Masih banyak anak-anak disini yang tingkat literasinya kurang bahkan ada yang belum bisa mengenal huruf abjad dan belum lancar membaca karena hal itu lah membuat kami merancang program kelas literasi ini untuk meningkatkan literasi anak-anak disini," ujarnya

Kemudian ia mengaku kagum dengan semangat anak-anak di Gampong Ie Tarek II untuk belajar. "Kami sangat kagum pada anak-anak disini karena semangatnya untuk belajar sangat tinggi, mungkin selama ini kurang mendapat perhatian, sehingga ada kekurangan pada anak-anak dalam membaca, menulis dan berbicara dalam Bahasa Indonesia, ini harus menjadi perhatian kita semua," katanya.

Kegiatan ini melibatkan kurang lebih 30 anak-anak mulai dari yang masih taman kanak-kanak sampai dengan kelas 1 SMP. 

“Hal yang dilakukan oleh para mahasiswa KKN Unimal kelompok 155 sangat bagus dalam meningkatkan kemampuan anak-anak Gampong Ie Tarek II, mudah-mudahan apa yang mareka lakukan dapat meningkatkan kemampuan anak-anak dalam memahami setiap pelajaran di sekolah nanti,” ujar Dr. Nasruddin. (Farial)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top