lamurionline.com -- Indrapuri -- Durratul Baidha, seorang pemuda yang mengejar cita-cita menjadi pendidik profesional, telah menjadi sorotan melalui kontribusinya dalam Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan. Berawal dari tekad untuk mengembangkan keterampilan mengajar, Durratul Baidha menghadirkan ragam praktik terbaik pembelajaran, Program Pengalaman Lapangan (PPL), dan strategi pengajaran yang menarik untuk era Abad-21.

Aktif dalam platform TikTok dengan akun @cikgu_durrale dan Instagram dengan nama @durrale, Durratul Baidha berbagi informasi seputar PPG Prajabatan dan metode mengajar khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan konsistensi dalam menciptakan konten, ia menjadi penggiat konten pendidikan yang dikenal luas.

Keberhasilannya menarik perhatian Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Durratul Baidha diapresiasi atas kontribusinya dalam menyebarkan praktik-praktik baik melalui media sosial pada acara Workshop strategi komunikasi yang bertajuk "Produksi Konten media sosial dalam rangka kampanye 'yuk jadi guru' di Hotel Kristal Jakarta pada 1-3 November 2023".

Tindak lanjut dari kesuksesan tersebut, Durra kembali diundang dalam acara apresiasi PPG pada perhelatan Hari Guru Nasional. Acara ini akan dihadiri oleh Presiden dan Menteri Pendidikan Republik Indonesia pada 24-26 November 2023. Agenda ini menjadi momentum penting bagi konten kreator pendidikan seperti Durratul Baidha untuk mendapatkan pembekalan tentang produksi konten yang produktif dan inspiratif di media sosial. Fokusnya adalah membangun semangat menjadi guru kreatif dengan mengikuti kurikulum merdeka.

Durratul Baidha, berasal dari Indrapuri dan merupakan anak bungsu dari pasangan Bapak A. Rahman dan Ibu Nurhasanah. Semangatnya untuk menjadi seorang guru berawal dari dorongan dan motivasi yang diterima dari guru-gurunya di MAN Indrapuri.

Berjuang melawan rintangan, Durra berhasil menempuh pendidikan S1 di Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Syiah Kuala dengan dukungan beasiswa bidikmisi dan Etos ID. Setelah menyelesaikan studinya, ia aktif menjadi pengajar di sebuah sekolah swasta di Aceh Besar, mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia serta kelas Kepenulisan.

Durratul Baidha menjadi teladan bagi banyak generasi muda yang ingin meniti karir sebagai pendidik profesional. Keberhasilannya dalam menghadirkan pendekatan mengajar yang kreatif melalui media sosial telah menjadikannya sosok yang diapresiasi dalam lingkup pendidikan nasional.(Cek Man/*)

 
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top