LAMURIONLINE.COM | KOTA JANTHO - Perpustakaan An Nur Gampong Reuhat Tuha Kecamatan Sukamakmur Aceh Besar menjadi pusat Studi tiru 7 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar. Perwakilan kepala perpustakaan gampong dari 7 kecamatan tersebut hadir didampingi Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Aceh Besar Fazlun SH MT di perpustakaan Gampong Reuhat Tuha, Kamis (11/01/2024). 

Kepala Perpustakaan Desa diantaranya Perpusdes Lambirah Sukamakmur ,

Krueng lam kareung Kecamatan Indrapuri, Cot Jambo Kecamatan Blang Bintang, Lampunyang Kecamatan Pulo Aceh, Lam Ujung Kecamatan Baitussalam, Tumbo baro Kutamalaka, Lambaro Kutamalaka, Luthu dayah krueng Sukamakmur, Mon Cut Lhoknga, dan Bung Bak Jok Blang Bintang. 

Pada acara tersebut juga turut dilaksanakan Bimbingan Teknis Pengisian Pelaporan kegiatan perpustakaan pada paltform SIM Transformasi yg dirancang oleh Perpustakaan Nasional R.I. 

Perwakilan kepala perpustakaan gampong dari 7 Kecamatan didampingi Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Aceh Besar Fazlun SH MT saat melakukan kunjungan sebagai kajian pengembangan perpustakaan gampong, Reuhat Tuha, Kamis (11/01/2024). FOTO/MC ACEH BESAR

Fazlun mengatakan kegiatan tersebut juga merupakan ajang silaturrahim dan berbagi pengalaman antar perpustakaan desa di Kabupaten Aceh Besar. 

"Perpustakaan gampong semakin tinggi semangat untuk mengembangkan diri, apa lagi sebagian perpustakaan kita sudah pernh meraih prestasi tingkat nasional, sehingga bisa menjadi pusat pembelajaran bagi yang lain," katanya. 

Ia juga mengutarakan program transformasi perpustakaan gampong dapat mengalokasikan dana desa sehingga memiliki peluang yang besar untuk dikembangkan. 

"Sekarang dana desa juga dapat dialokasikan untuk pengembangan perpustakaan, tinggal pokitikal will yang kuat dari keuchik sebagai kepala pemerintahan gampong," terangnya. 

Turut Hadir Kabid Pembinaan DISPUSIP Aceh Besar, Munzir, S.Sos beserta staf, Pengelola Perpustakaan Reuhat Tuha Baihaqi, dan Fasilitator Nasional Novyatur Rahmi, S.I.P dari Perpustakaan Desa Lambirah. (**)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top