Kabarnanggroe.com, Banda Aceh - Program Studi Doktor (S3) Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengadakan kuliah umum bertajuk “Strategi Publikasi Artikel Jurnal Ilmiah Bereputasi”.

Acara tersebut berlangsung di ruang rapat kampus Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Rabu (24/4/2024).

Dalam acara tersebut, Direktur Pascasarjana IAIN Pontianak, Kalimantan Barat, Prof Dr Zaenuddin Hudi Prasojo MA, menjadi narasumber utama. Prof Zaenuddin yang juga merupakan ahli dalam bidang Studi Agama dan Budaya, memberikan paparan mengenai pentingnya penelitian dalam menjelaskan fenomena masyarakat untuk kebutuhan kemanusiaan.

“Penelitian itu antara lain bertujuan untuk menjelaskan fakta atau fenomena yang ada dalam masyarakat, untuk kebutuhan kemanusiaan. Oleh sebab itu, riset itu harus mampu menjawab pertanyaan penelitian kita dengan dukungan data yang kuat dan analisis yang sesuai,” ungkap Prof Zaenuddin.

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari seri Diskusi Penelitian dan Publikasi (DIKSI) yang diselenggarakan oleh Program Studi Doktor PAI Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Kerjasama dengan IA Scholar Foundation Yogyakarta turut mendukung terselenggaranya acara ini.


Prof Zaenuddin juga memaparkan metode praktis dalam menyusun artikel jurnal untuk memudahkan mahasiswa dan dosen dalam menulis karya ilmiah dengan apa yang ia namakan IMRaD Plus.

“IMRaD Plus adalah IA Scholar style yang dikembangkan oleh Prof. Irwan Abdullah dan sudah membantu ratusan orang dalam menulis artikel jurnal yang berkualitas,” jelasnya.

Dalam sesi selama dua jam, Prof Zaenuddin menjelaskan langkah-langkah praktis disertai dengan contoh dalam menyusun artikel. Hal ini bertujuan memudahkan mahasiswa dan dosen dalam menulis karya ilmiah.

“Terakhir, saya berpesan agar kita terus menjadi lebih baik dari hari yang kemarin. Kalau tahun lalu hanya publish dua artikel, usahakan tahun ini dapat tiga artikel. Demikian seterusnya dan seterusnya. Sebab kalau anda sudah memilih menjadi akademisi, anda juga siap dengan publikasi,” tambahnya.

Acara ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen Program Studi Doktor PAI serta dianggap sebagai langkah penting dalam meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah di lingkungan akademik UIN Ar-Raniry Banda Aceh. []

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top