Lamurionline.com--BANDA ACEH - Demam euforia seni dan kebudayaan Aceh sedang melanda warga provinsi Aceh. Pekan Kebudayaan Aceh ke VI yang berlangsung selama sepekan ke depan menjadi wahana para musisi dan seniman tanah rencong menunjukkan eksistensinya di dalam kebudayaan. 

Salah satunya, kontingen rapai geleng asal kabupaten Pidie mengatakan, pihaknya siap mengalahkan 18 kabupaten di Aceh dalam perlombaan rapai geleng yang berlangsung Sabtu malam (21/9) di Gedung Sosial Banda Aceh. 

Ketua Umum Kontingen PKA Pidie Syukri M. Yususf mengatakan grub rapai geleng Kabupaten Pidie merupakan salah satu terbaik di Aceh dan tidak gentar menghadapi para saingannya.  Meskipun dari 18 kabupaten dan kota yang bakal menjadi saingannya sudah pernah tampil pada pembukaan PKA diantaranya Kota Sabang, Kota Subulussalam, langsa Kota, Aceh Tamiang, Aceh Barat Daya, Simelu dan Aceh Timur.  

 "Berdasarkan laporan persiapan, secara tehnisnya sudah rampung semuanya, tinggal mempersiapkan mental tanding saja, sebab persiapan itu langsung dari masing-masing personil dan target kita adalah menang pada perlombaan ini," ungkap Syukri 

Selain itu kata Syukri, satu unit kendraan hias dan 50 barisan adat diterjunkan dalam ajang pawai budaya yang diselenggaran pagi tadi. Selain beberapa cabang lainya kini dalam persiapan tampil, seperti , geunteut trieng dan meuen galah, yang secara bertahab mulai dipertandingkan. (Marzuki)   Acehonline.
SHARE :
 
Top