Oleh Abrar, S.Pd 

D a m a i memiliki makna s u a t u k e a d a a n dimana kita m e r a s a t e n t r a m , n y a m a n , bahagia dan m e r a s a sejahtera dalam segala hal. D a m a i j u g a merupakan i m p i a n s e m u a orang. Perdamaian adalah suatu usaha yang ditempuh berbagai pihak dalam menyelesaikan sengketa dan kita semua rindu perdamaian. Nah, pada edisi ini penulis ingin mengajak semua pemmbaca maupun syedara lamuri untuk kembali menjaga damai (Jaga Damee-Aceh), karena hanya dengan merasa damai kita pun merasa bahagia, tentram, nyaman dan mudah melakukan beribadah kepada Allah SWT, walau bagi sebagian orang tidak menggunakan rasa damai untuk beribadah dan terus bersyukur Syedara Lamuri, Islam muncul untuk menjadi “penyelamat” dunia sebagai Rahmatan Lil Alamien oleh karenanya setiap ajaran Islam memiliki nilai kebenaran yang tidak diragukan lagi. Ia berusaha menciptakan perdamaian di bumi sehingga umat manusia dan seluruh makhluk Allah dapat hidup sejahtera. I s l a m d e n g a n p e n g e r t i a n epistimologi memiliki makna penyerahan diri, pasrah, patuh dan tunduk kepada kehendak Allah, ia adalah agama yang membawa kemaslahatan bagi pemeluknya baik di dunia maupun di akherat. 

Merupakan suatu kenikmatan besar dapat menjadi Muslim yang kafah. Firmannya : Barang siapa mencari agama selain dari agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) dari padan ya dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi. D a l a m a j a r a n I s l a m bahwa perdamaian merupakan kunci pokok menjalin hubungan antar umat manusia, sedangkan perang dan pertikaian adalah sumber mala petaka yang berdampak pada kerusakan sosial. Agama mulia ini sangat memperhatikan keselamatan dan perdamaian, juga menyeru kepada umat manusia agar selalu hidup rukun dan damai dengan tidak mengikuti hawa nafsu dan godaan Syaitan, firman Allah : Hai orangorang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhannya, dan janganlah kamu mengikuti langkahlangkah syaithan. Sesungguhnya syaithan itu musuh yang nyata bagimu. 

Paling tidak ada beberapa ajaran I s l a m y a n g b e r o r i e n t a s i k e p a d a pembentukan perdamaian di tengah umat manusia, sehingga mereka dapat hidup sejahtera dan harmonis, diantaranya : 
1. Larangan Melakukan Kedzaliman 
2. Adanya Persamaan Derajat 
3. Menjunjung Tinggi Keadilan 
4. Memberikan Kebebasan 
5. Menyeru Hidup Rukun dan Saling Tolong Menolong 
6 . Menganjurkan Toleransi 
7. Meningkatkan Solidaritas Sosial. 

Syedara, agaknya cukup dengan memahami makna nama agama ini yakni Islam, seseorang telah dapat mengetahui bahwa ia adalah agama yang mendambakan perdamaian. Cukup juga dengan mendengarkan ucapan yang dianjurkan untuk disampaikan pada setiap pertemuan. "Assalamu 'Alaikum" (Damai untuk Anda), seseorang dapat menghayati bahwa kedamaian yang didambakan bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk pihak lain. Semoga.
SHARE :
 
Top