Lamurionline.com-- Banda Aceh, Aceh pada ajang kompetisi seni dan olahraga Madrasah (AKSIOMA) dan Kompetisi Sain Madrasah (KSM) tingkat Nasional tahun 2013 yang digelar di Malang Jawa Timur menorehkan prestasi yang membanggakan.

Pada ajang bergengsi ini kontingen Aceh berhasil meriah satu medali emas, empat  perak, tiga perunggu dan tiga juara harapan.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs. Efendi, M.Si dan Ketua Kontingen Aceh  juga Kasi Kesiswaan Muntasyir,S.Ag,MA (9/11) yang dikonfirmasi acehkemenag.news menyebutkan, perolehan mendali emas itu diraih melalui Cabang lari 400 meter putri atas nama Rahma Oyana ( Siswi MAN 2 Takengon Kabupaten Aceh Tengah).

Perak cabang MTQ Putri atas nama Safura (siswi MIN Asan Biduen Kabupaten Bireun), KSM Bidang Studi Matematika Madrasah Ibtidaiyah atas nama T.Nilnal Lyusi (Siswa MIN Teladan Banda Aceh), Bidang studi Ekonomi Madrsah Aliyah atas nama Ulfa Khairul Rahma (Siswi MAN Model Banda Aceh).

Bidang Studi Giografi Madarash Giografi perak atas nama Muhammad Aldiansyah Putra (Siswa MASMuhamadiyah Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil).

Perunggu Sry Audian Ansari (Siswi MAS Ruhul Islam Anak Bangsa) KSM Bidang studi Biologi tingkat MA, Nanda Ansar (MTs Jeumala Amal Kabupaten Pidie Jaya) dan Cut Rayyan Khawari (Siswi MIN Paya Bujok Kota Langsa), Bidang Studi Sain/IPA MI.

Juara Harapan, Bidang Studi Kimia Madrasah Aliyah atas nama Haya Fathana (Siswi MAS Ruhul Islam Anak Bangsa Kabupaten Aceh Besar), Arif Muliandi (Siswa MAN Rukoh Banda Aceh) Bidang studi fisika MA, Iqlima (Siswi MTs Jeureula Kabupaten Aceh Besar) Bidang Studi Biologi MTs.

“Alhamdulillah kita berhasil merebut delapan medali, salah satunya adalah emas untuk mata Bidang lari 400 Meter Putri. Ini yang luar biasa membawa nama baik Aceh pada kancah Nasional dan kedepan akan kita upayakan lebih baik lagi,” katanya kepada acehkemenag.news.

Selanjutnya Kepala Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Aceh Drs.Habib Badaruddin,S.Sos, secara khusus juga menyampaikan Apresiasi terhadap hasil yang didapatkan siswa-siswi Kontingen Aceh.

Kedepan sambung Habib Badaruddin Kita perlu melakukan meningkatkan pembinaan  kepada siswa mulai tingkat MI sampai MA dan juga pembinaan kepada guru bidang study untuk mempersiapkan ajang AKSIOMA dan KSM berikutnya.

Muntasyir juga menambahkan, prestasi yang diraih ini merupakan prestasi yang membanggakan, ke depan kita akan berupaya kontingen Aceh mampu mempersembahkan yang lebih baik lagi. Torehan 8 medali dan 2 harapan ini juga merupakan raihan guru yang telah membina mereka di Sekolah dan masyarakat Aceh.

“Inilah yang luar biasa. Berkat perjuangan siswa-siswi, doa semuanya dan kerja keras kita semua  di persaingan yang bergengsi, Aceh bisa membawa pulang 8 medali dan 2 harapan ini,“ ujarnya.

Kabid Pendidikan Madrasah Drs.Efendi,M.Si menyampaikan, Keberhasilan yang telah dicapai ini, sebagai motifasi pihaknya untuk memacu dan lebih meningkatkan lagi perolahan medali utama emas pada ajang kompetisi seni dan olahraga dan Kompetisi Saint Madrasah tingkat Nasional ke depan.

Hasil raihan medali ini juga akan menjadi ajang evaluasi, sekaligus lebih selektif dalam mengirim atlet atau siswa siswi di tingkat provinis ke tingkat nasional.

Adapun Juara Umum pada kompetisi seni dan olahraga dan Kompetisi Saint Madrasah tingkat Nasional tahun 2013 mulai tanggal 5 sampai 9 November 2013, yang di tutup oleh Sekjen Kementerian Agama RI Bahrul Hayat PhD adalah provinsi Jawa Timur, disusul provinsi Banten dan poisis ketiga provinsi Jawa Barat. (Alfaizin).

Sumber : http://aceh.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=164611

SHARE :
 
Top