Lamurionline.com--Banda Aceh – Wakil Walikota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal’ SE membuka secara resmi acara festival Kota Hijau yang dipusatkan di taman sari Banda Aceh Sabtu (9/11/2013).
Kegiatan Festival kota Hijau tadi juga ditandai dengan beberapa aksi seperti lomba menggambar/melukis, parade musik dan berbagai aksi lainnya yang dipusatkan di taman sari.
Pada kesempatan itu Illiza berharap festival tersebut dapat menjadi pesan positif bagi masyarakat untuk sama-sama menjaga bumi ini agar tetap hijau selain karena kesehatan bumi ini uga akan diwariskan kepada anak cucu generasi penerus.
Lebih jauh Illiza mengungkapkan Pemko Banda Aceh sejak tahun 2009 lalu telah memprogramkan ketersedian ruang hijau sebesar 30 % hingga tahun 2029. Dan hingga saat ini katanya program tersebut telah rampung sekitar 70%.
Katanya lagi untuk merampungkannya diperlukan dana besar yang akan digunakan untuk pembebasan lahan demi tercapainya ketersediaan 30 % ruang hijau bagi kota Banda Aceh meliputi taman kota, bangunan hemat energi, RTH pengaman sungai dan tepi air.
Untuk itu Illiza meminta komitmen seluruh kepala SKPD di jajaran Pemko Banda Aceh agar menerapkan pola hidup sehat dan hijau yang dimulai dari menanam satu pohon saja di masing-masing halaman rumah.
“Saya intruksikan agar setiap kepala SKPD menanam satu pohon saja di halaman rumah dan nanti kita akan programkan untuk melakukan sidak ke tiap rumah kepala SKPD,” ujarnya mengingatkan.
Sementara kepala Dinas PU Kota Banda Aceh, Ir. Gusmeri MM mengatakan festival kota hijau diselenggarakan bertepatan dengan peringatan hari tata ruang nasioal yang diperingati 10 november 2013 di Jakarta.
Katanya lagi Kota Banda Aceh patut berbangga dan bersyukur atas predikat kota hijau yang telah disandang bersama dengan 112 Kab/kota lainnya mengingat delapan tahun lalu Banda Aceh adalah kota yang sangat gersang setelah diterjang musibah gempa dan tsunami.
Disebutkan pula festival tersebut diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba melukis bagi siswa SD, parade musik dan kegiatan lainnya.
Turut hadir pada acara tersebut Ketua DPRK Banda Aceh, Kajari, Wakapolres, Ketua MPU Kota, Sekda Kota dan para kepala SKPD dijajaran Pemko Banda Aceh. (TRZ/sp)
SHARE :
 
Top