Model-Model Pendidikan Alternatif di Berbagai Negara (28)

La Escuela Fratney (Bagian 2 dari 13)
 
Dalam bagian yang kedua ini kita akan melihat kegiatan-kegiatan perse-kolahan yang ada di La Escuela Fratney, seperti PBIS, MHBT, ekstra-kurikuler dan kegiatan akademik lain-nya. Yang pertama adalah Positive Behavioral Interventions and Supports (PBIS). Program ini adalah kerjasama antara Milwaukee Public Schools Office of Family Services dan Milwaukee Teachers' Education Association untuk mengantisipasi gangguan belajar di kelas dan suspensi pelajar. 

Sesuai dengan namanya, PBIS berusaha menjaga tingkah laku pelajar yang positif melalui pendekatan intervensi yang sistematik. Dukungan dan pencegahan dini terhadap pelajar yang bermasalah akan menghasilkan proses belajar dan mengajar yang efektif di kelas. Yang kedua adalah Danceworks Mad Hot Ballroom and Tap (MHBT). Ini adalah program pembinaan tari untuk anak sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu di kota Milwaukee. 

Selain mengajarkan pendidikan seni dan membuka interaksi sosial sesama pelajar, MHBT berusaha untuk menggalakkan pelajar supaya senang berada di sekolah, membangun kepercayaan diri dan meraih potensi melalui seni tari. Yang ketiga adalah kegiatan ekstrakurikuler. 

Di sekolah Fratney, kegiatan extrakurikuler dianggap sangat penting. Dengan terlibat aktif dalam kegiatan ini pelajar akan terpupuk nilai-nilai sportifitas, kerjasama, dan hormat terhadap orang lain. 

Diantara kegiatan yang disukai oleh pelajar adalah permainan bola basket. Disamping itu, kegiatan utama di Fratney tentu saja di bidang akademik. Kurikulum di sekolah ini dibuat berdasarkan rujukan dari Common Core State Standards yang digagas oleh lembaga pemerintah, The National Governors Association Center for Best Practices (NGA Center) dan The Council of Chief State School Officers (CCSSO). 

Standar yang ditetapkan dalam kurikulum tersebut dibuat dengan kerjasama dari para guru, pengelola sekolah dan para ahli dengan mempertimbangkan kerangka (framework) yang jelas untuk mempersiapkan peserta didik memasuki dunia perkuliahan dan kerja. Standar tersebut memudahkan guru dan orang tua murid untuk memahami arah dan langkah yang diharapkan akan dicapai oleh peserta didik dalam pembelajaran mereka. 

Nilai-nilai standar tersebut mencakup kesesuaian dengan ekspektasi perkuliahan dan pasar kerja; jelas, mudah dimengerti dan konsisten; mengandung pelajaran dan aplikasi pengetahuan tingkat tinggi; serta mempunyai kekuatan yang sama dengan nilai-nilai masyarakat dan ekonomi global. 

Program akademik di Fratney berjalan seiring dengan program dua bahasa (dual language), yaitu bahasa Inggris dan Spanyol. Semua pelajar wajib mempelajari kedua bahasa ini dan dipraktekkan secara seimbang. (Bersambung)
 
Bibliography: 
La Escuela Fratney. Retrieved May 9, 2015 from http://www5.milwaukee.k12.wi.us/ school/fratney/. 

Peterson, R. (1993). Creating a school that honors the traditions of a culturally diverse student body: La Escuela Fratney. In Gregory, A. S. (Ed.), Public Schools That Work: Creating Community, (pp. 45-67). New York, NY: Routledge.
 
© Akhi (Gombak: 31.08.2015, 5:30 p.m.)
SHARE :
 
Top