Dok. IST
LAMURIONLINE.COM | MASJID RAYA - PT Pertamina (persero) MOR I TBBM Krueng Raya bersama Rumah Zakat melakukan Program Kerja Bakti dan pembagian hadiah bagi lingkungan bersih di Desa Meunasah Mon, Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar, Aceh, Jum'at (30/11).

Hadir dalam acara tersebut, Pjs. Operation Head Pertamina TBBM Krueng Raya, Fachrizal, Kepala Cabang Rumah Zakat Aceh, Riadhi, Camat Masjid Raya, Mubarak Akbar, Keucik Desa Meunasah Mon, serta tokoh lainnya.

Sebelumnya PT Pertamina (persero) MOR I TBBM Krueng Raya bersama Rumah Zakat telah melakukan beberapa program pelatihan bengkel motor dan pelatihan las bagi pemuda Desa Meunasah Mon untuk pengembangan skil produktif, pembinaan masyarakat berupa pengajian bagi para ibu setiap rabu, pelatihan menjahit, serta kampung lestari dengan melakukan kebersihan lingkungan ditiap dusun.


Untuk diketahui, Program kampung lestari membentuk kader lingkungan sebagai penggerak kebersihan. di Desa Meunasah Mon. Sekitar 40 kader lingkungan di Desa Meunasah Mon yang terdiri dari para perempuan menjadi penggerak kebersihan.

Program Kampung Lestari ini juga memberikan penyuluhan kebersihan sebagai ring satu Pertamina Krueng Raya. Melalui kegiatan ini diharapkan menjadi pelopor kebersihan bagi desa lainnya untuk terciptanya lingkungan bersih dan sehat di Rrueng Raya.


Sementara itu, pendampingan yang selama ini diberikan adalah Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS), Gotong royong warga, Pembentukan Kader Lingkungan, Pemberian alat kebersihan berupa tong sampah, sapu, dan gerobak sampah.

Selain itu, hasil keterampilan menjahit anggota kelompok pembinaan program pemberdayaan juga ditampilkan dihadapan para tamu berupa tas dan souvenir dari bahan daur ulang sampah. (smh)
SHARE :
 
Top