Loading...

Foto: Baihaqi
LAMURIONLINE.COM I SAREE - Sebanyak 20 anak dari Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah ikut ambil andil pada acara Jambore Anak Se Aceh dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional.

Acara yang diikuti oleh 210 anak dari beberapa LKSA di Aceh ini  dilaksanakan oleh Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Aceh, mulai 3 - 4 Agustus lalu di Lapangan BLPP Saree, Aceh Besar.

Kegiatan Jambore Anak ini dibuka langsung Kepala Dinas Sosial Aceh, Drs.Alhudri MM dan dihadiri Ibu Plt Gubernur Aceh sekaligus Wakil Ketua Penggerak PKK Aceh, Dr Ir Dyah Erti Idawati MT serta Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia, Prof Dr Seto Mulyadi SPsi MSi.

Kasie Rehabilitasi Anak dan Lansia, Rita Mayasari AKS MPS Sp selaku pelaksana kegiatan mengatakan, bahwa kegiatan ini masih rangkaian memperingati Hari Anak Nasional 2019. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk memberikan ruang dalam mengembangkan minat, bakat, aktualisasi diri anak-anak yang berada dalam lembaga pengasuhan anak atau panti asuhan.

Selain itu, Rita juga menambahkan, pada kegiatan ini juga dirangkai permainan tradisional khas Aceh dengan pendalaman nilai-nilai filosofi dari permainan tersebut. Serta mendesain sebuah konsep acara yang akan menumbuhkan nilai-nilai kesepakatan, kesamaan, kedisiplinan, tanggungjawab, keberanian dan saling menghargai bagi anak-anak.

“Dalam kegiatan jambore anak ini, anak merupakan subjek dan mempunyai peran aktif di dalamnya. Hari ini kita fokusnya membangun kesepakatan, kebersamaan, keterbukaan, dan spontanitas, dan pengenalan diri sampai siang hari. Selanjutnya, ada juga proses pengelompokan anak-anak yang akan mencoba tantangan-tantangan dengan permainan tradisional ini, dan memberikan apresiasi kepada seluruh anak yang berprestasi,” pungkas Rita.

Salah satu peserta, Muhammad Habil siswa Kelas 2 SMP Plus Imam Syafii  yang juga anak dari LKSA Yayasan Lajnah Khairiyah Musytarakah mengungkapkan bahwa dirinya sangatlah gembira mengikuti acara ini, terlebih ada materi yang diisi oleh Kak Seto yang sangat memotivasi dan pintar mendongeng. (baihaqi)


SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top