Loading...

dok. Cut Rahma
LAMURIONLINE.COM I DARUL IMARAH - Sebagian besar siswa belum mengerti tentang pemilihan jajanan sehat yang dapat dikonsumsi. Maraknya jajanan di sekolah yang beraneka ragam menyebabkan siswa tidak membawa bekal ke sekolah,  sehingga mereka lebih praktis membeli sesuai yang diinginkan. 

Menyikapi kebiasaan siswa yang jajan sembarangan  karena minim pengetahuan dan sudah menjadi kebiasaan maka melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengabmas) Tahun 2019 ini Poltekkes Aceh mengedukasi siswa/i SMPN 1 Lampeunerut dan MTsN Cot Gue di Kabupaten Darul Imarah.  

Kegiatan berlangsung selama dua hari Senin dan Selasa, (16 - 17 September  2019) yang bertujuan menginformasikan, meningkatkan pemahaman tentang jajanan sehat pada siswa/i sehingga membentuk sikap mewaspadai setiap jajanan yang dibeli untuk dikonsumsi. Sebagaimana dituturkan Teuku Jamni MKes selaku Ketua Panitia Kegiatan tersebut. 

"Dalam kegiatan ini kami melibatkan mahasiswa Poltekkes Aceh agar mereka lebih dekat dengan masyarakat khususnya lingkungan sekolah. Menjadi pengalaman juga bagi mereka untuk mengimplementasikan ilmu pada masyarakat" ujar Teuku Jamni. 

Quddusis Sara salah seorang mahasiswa Prodi D III  Gizi Tingkat 3 Reguler B yang terlibat dalam kegiatan tersebut, mengatakan kegiatan ini selain mendapatkan pengalaman yang bermanfaat juga mengajak siswa/i agar lebih selektif memilih jajanan supaya tumbuh kembang mereka tidak terganggu.

Puluhan peserta pelatihan tersebut akan menjadi duta bagi teman sebaya dalam menyampaikan pesan PJAS (Pendidikan Jajanan Anak Sehat).  

Sementara Rini Fajrin SPd selaku guru menyambut baik kegiatan sosialisasi jajanan sehat yang dilaksanakan Poltekkes Aceh,  mengingat sekarang jajanan yang dijual bebas di pasaran sering dikonsumsi tanpa melihat kandungan gizinya. 

"Semoga dengan program ini bisa meningkatkan pemahaman bagi kita dalam memilih makanan bergizi" demikian Rini.

Kontributor: Cut Rahma
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top