Loading...

dok. Sirath
LAMURIONLINE.COM I KOTA JANTHO - Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah 134 Keuchik oleh Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali di Gedung Jantho Sport Center (JSC) berjalan lancar, Selasa (17/9). 

Seusai menyerahkan Surat Keputusan (SK) Bupati Aceh Besar, Ir H Mawardi Ali memberikan pesan tegas agar para Keuchik melakukan singkronisasi program dengan Kabupaten agar terwujudnya sinergisitas dalam pembangunan bersama dan berkelanjutan.

"Pengelolaan sampah harus menjadi tanggung jawab Gampong dan kabupaten," tegas Mawardi.

Ia meminta Gampong mengalokasikan dana desa untuk pengelolaan sampah seperti pengutipan dan penyediaan lokasi penampungan sementara untuk selanjutnya mudah diangkut oleh truk sampah Aceh Besar ke TPA.

"Kalau perlu silakan ambil retribusi jika sampah dijemput kerumah masyarakat," ungkap Mawardi Ali.

Harapan Bupati Aceh Besar agar pada tahun 2020 sampah ditangani dengan baik dan menjadi persoalan  bersama dan turut ditangan bersama.

Mawardi Ali juga meminta Keuchik serius dalam setiap pembangunan di Gampong. Setiap kegiatan harus dilalui dengan musyawarah dan dapat memberdayakan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan di Ganpong.

"Keuchik tidak boleh main proyek, tapi berdayakan masyarakat," tegas Bupati Aceh Besar.


Selain itu, Bupati juga meminta para Keuchik untuk mempersiapkan generasi masa depan dengan mengirimkan satu duta Gampong pada pembinaan hafidz program 1 Gampong 1 Hafidz di Ma'had Tahfidz Al Fauzul Kabir Kota Jantho. Program tersebut dibiayai sepenuhnya oleh Pemkab Aceh Besar.

Selain itu, Mawardi Ali meminta agar para Keuchik yang dilantik untuk mengayomi dan memberdayakan seluruh unsur masyarakat.

Ke-134 Keuchik yang dilantik ini merupakan hasil pemilihan Keuchik langsung serentak yang dilaksanakan pada 5 Agustus 2019 yang lalu di 21 Kecamatan dari 23 kecamatan yang ada dalam Kabupaten Aceh Besar. 

Upacara pelantikan disaksikan Ketua DPRK, Sekda, Wakapolres, Kodim 0101 BS, para pimpinan OPD,  Camat dan ribuan masyarakat yang berasal dari seluruh wilayah Aceh Besar yang memadati ruangan dan halaman JSC. (sirath/red)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top