Loading...

dok. Humas Pemkab Aceh Besar
LAMURIONLINE.COM I KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar memperingati Hari Ibu ke-91 tahun 2019 di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (16/12). Kegiatan tersebut diikuti unsur Forkopimda, staf ahli Bupati, Asisten Setdakab, para kepala OPD, para camat, Ketua TP-PKK Aceh Besar Hj Rahmah SH, dan para pengurus organisasi perempuan yang ada di Aceh Besar.

Sekdakab Aceh Besar Drs H Iskandar MSi yang bertindak selaku pembina upacara membacakan sambutan tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Dalam sambutannya, dikatakan perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar bahwa mereka mempunyai akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh sumber daya, seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial, dan sebagainya. Begitu juga pengasuhan dalam keluarga, peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan dalam pengasuhan anak tidak hanya orangtua, namun perlu didukung oleh semua pihak. 

“Peringatan Hari ibu ini diharapkan sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian dan pengakuan terhadap pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan,” katanya.

SERAHKAN HADIAH – Sekdakab Aceh Besar Drs H Iskandar MSi menyerahkan hadiah aneka lomba kepada para juara dalam rangka peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019 tingkat Kabupaten Aceh Besar di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (16/12/2019). FOTO-HUMAS PEMKAB ACEH BESAR
Hal itu, sebutnya, akan memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segal potensi dan kemapuan sebagai motor penggerak dan sekaligus agen perubahan (agent of change).

Ia menambahkan, Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan, kesatuan, dan gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Untuk itu, sebagai apresiasi atas gerakan yang bersejarah itu, peringatan Hari Ibu ditetapkan setiap tanggal 22 Desember sebagai hari nasional.

Dalam kesempatan itu, Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi bersama Forkopimda menyerahkan hadiah aneka lomba dalam rangka memeriahkan Hari Ibu tahun 2019. Adapun untuk lomba merangkai buket sirih antar-OPD, juara I, II, III, harapan I, harapan II, dan harapan III masing-masing diraih Murniati (Inspektorat), Aiya Maqfirah (Dinas Lingkungan Hidup), Nurmalina (Dinas Pertanian), Hera Munita (Dinas Kominfo), Farah Dillah (Kejaksaan Negeri Aceh Besar), dan Melinda Aitami (BPKD).




Selanjutnya lomba melukis inat antarkecamatan, untuk juara I, II, III, harapan I, harapan II, dan harapan III masing-masing diperoleh Maisarah (Kecamatan Indrapuri), Rita Mawar (Kecamatan Lhoknga), Juliani (Kecamatan Montasik), Dewi Mahyani (Kota Jantho), Eka Satriawati (Kecamatan Darul Imarah), dan Sri Wulandari (Kecamatan Kuta Baro).

Berikutnya juga diserahkan uang pembinaan masing-masing sebanyak Rp 5 juta kepada juara pertama sekolah sehat tingkat taman kanak-kanak, sekolah dasar/MIN/ SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK, yang diraih oleh Taman Kanak-kanak Al-Fityan, SDN Bueng Cala, SLTP Swasta 1 Al-Falah, dan SMK Negeri Al-Mubarkeya. (mariadi/rel)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top