dok. IST
LAMURIONLINE.COM I BANDA ACEH - UKM Qur’an Aplikasi Forum (QAF) menyelenggarakan Musyawarah Besar (Mubes) III di Aula Rektorat UIN Ar-Raniry, Minggu (05/01).
Mubes yang dihadiri Pembina QAF, Dr.Samsul Bahri dan para anggota serta alumni diadakan dalam rangka membahas beberapa perkara internal organisasi tersebut serta pemilihan ketua umum dan wakil ketua umum baru.

Dalam Mubes tersebut diputuskan Nadaruwis Duana Situmorang dan Maulida Yani melanjutkan estafet sebagai ketua umum dan wakil umum QAF periode 2019-2020.

Sebagai ketua umum baru, Nadaruwis yang akrab disapa Darwis ini akan mengevaluasi kembali program periode sebelumnya serta akan melaksanakan program Tahsinul Qur’an pada setiap fakultas di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Hal itu dilakukan bertujuan agar mahasiswa fasih membaca Al-Qur’an dan dapat memperkenalkan QAF kepada khalayak ramai.

“Insya Allah kita akan membuat program tahsin pada setiap fakultas di UIN Ar-Raniry untuk membantu memperbaiki bacaan mereka serta memperkenalkan QAF kepada publik”, jelasnya dalam wawancara.

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka mengurangi tingkat rendahnya bacaan Al-Qur’an pada Kampus Agama kebangaan rakyat Aceh tersebut.

"Berdasarkan survey kementrian agama, Mahasiswa UIN Ar-Raniry termasuk kategori terbawah dalam fasih membaca Al-Qur’an, oleh sebab itu dengan adanya program tahsin dapat mengurangi tingkat buta huruf dalam membaca Al-Qur’an”, jelasnya kembali.

Sementara wakil ketua umum baru, Maulida Yani menjelaskan bahwa mandat baru adalah amanah besar, program yang belum terlaksana direalisasikan pada periode baru.

“Intinya merealisasikankembali program yang belum tercapai pada periode sebelumnya”, jelasnya.

Maulida berharap bahwa setiap pengurus baru nantinya pada masa berakhir jabatan dapat memiliki hafalan minimal 2 juz.



“Harapannya setelah meninggalkan jabatan pada akhir kepengurusan nantinya setiap pengurus dapat memiliki hafalan minimal 2 juz”, harapnya.

Demisioner ketua umum Qaf, Ali Riedha berharap, ketua umum dan wakil ketua umum baru mampu mengerahkan potensi SDM QAF lebih baik, serta mampu menjadikan QAF menjadi wadah Qur’ani bagi siapapun.

"Saya berharap, ketua dan wakil terpilih mampu mengerahkan segala potensi mahasiswa, memperkuat hubungan internal QAF dengan menumbuhkan semangat dan cinta Qur’an yang mengakar dalam  internal maupun eksternal." harapnya. [rizki/rel]
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top