LAMURIONLINE.COM | ACEH BESAR - Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Besar melakukan kerja sama di bidang riset dengan Universitas Syiah Kuala (USK), UIN Ar-Raniry dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Ar-Raniry di bidang riset bertempat di aula madrasah terpadu Tungkop Aceh Besar, Kamis (1/7).

Kerjasama dalam bentuk  Memorandum of Agreement (MoA) antar lembaga, sekaligus dengan kegiatan Pelatihan Pengembangan kurikulum madrasah unggulan riset dengan tema "Tingkatkan Sinergitas Sebagai Madrasah Unggulan Riset." 

Kakanwil Kementerian Agama Aceh DR H Iqbal SAg MAg yang hadir serta membuka kegiatan pelatihan pengembangan Kurikulum Madrasah Unggulan Riset dalam sambutannya mengapresiasi  MAN 4 Aceh Besar yang telah di SK kan menjadi Madrasah Riset.  MAN 4 Aceh Besar  telah melahirkan siswa-siswi yang dapat bersaing dengan madrasah di provinsi lain, dan ini telah terbukti dengan terpilihnya siswi MAN 4 Aceh Besar pada kegiatan Duta Moderasi beragama tingkat Nasional.  Iqbal Juga berharap di MAN 4 Aceh Besar dapat melahirkan para peneliti dan SDM yang unggul.  

Sebagai Kakanwil Kemenag Aceh akan selalu mendukung, terus memfasilitasi dan dalam waktu dekat kita akan membantu dalam bentuk anggaran untuk mempercepat program tersebut. ucap Iqbal.



Madrasah sekarang memiliki tantangan yang sangat luar biasa karena gaung dari madrasah hebat, bermartabat dan madrasah go internasional, kita berharap tidak hanya sebuah slogan, tetapi sebuah wujud nyata. Ketika masyarakat bertanya tentang madrasah Hebat tentu butuh perwujudan bukan hanya dalam cerita.  Untuk mendapatkan madrasah Hebat, Bermartabat, madrasah unggul dan madrasah go internasional itu tidak akan terjadi kalau kita tidak berpartisipasi dan bertekat untuk mewujudkannya. Kata Iqbal. 

Hal senada juga di katakan kepala kakankemenag Aceh Besar H Abrar Zym, S.Ag. MH bahwa dengan tantangan yang dimiliki madrasah akan membuat madrasah tersebut lebih meningkatkan potensinya melalui belajar dan terus belajar.  

"Kendala memang ada, namun tidak menjadi kendala untuk sukses, dengan dukungan semua pihak kami Aceh Besar dan Banda Aceh dapat bersaing dan bersanding" ucap Abrar.

Kepala MAN 4 Aceh Besar Hj Nuranifah SAg mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak terutama kanwil Kemenag Aceh yang mendukung dan memfasilitasi untuk terwujudnya madrasah unggulan riset.

"Ucapan terimakasih juga kepada FKIP Universitas Syiah Kuala (USK) dan UIN Ar Raniry serta LP2M  UIN Ar - Raniry  sebagai mitra kerja dalam menciptakan peneliti - peneliti muda sebagai wujud hasil produk madrasah riset. Kemitraan ini akan terus berlangsung dan berkelanjutan" tutup Nuranifah. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kakanwil Kemenag Aceh DR H Iqbal SAg MAg, Kakankemenag Aceh Besar H Abrar Zym, SAg MH, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Aceh Drs Mukhlis MPd,  Dekan FKIP USK DR Drs Samsul Rijal MKes, Dekan Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry yang di wakili  DR Syahminan MAg, Ketua  LP2M UIN Ar- Raniry  DR Mukhlisah MA, Komite MAN  4 Aceh Besar H Musannif SE,  Kasi Penmad Kemang Aceh Besar, Suryadi SAg,  Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah di Aceh Besar dan Banda Aceh, dan seluruh dewan Guru  MAN 4 Aceh Besar sebagai peserta pelatihan. (rel)

SHARE :
 
Top